Afif Firmansyah Pindah Parpol, Ini Kata Nasroel: Tidak Ngaruh Terhadap Kepemimpinan Zumi Zola

0
327
Gambar Ilustrasi

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Afif Firmansyah yang merupakan pengurus DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Jambi, resmi pindah pilih Partai Golkar (PG) sebagai hak politik pribadinya.

Padahal, Afif Firmansyah selama ini dikenal secara pribadi sebagai ajudan Gubernur Jambi  Zumi Zola Zulkifli yang juga merupakan Ketua DPW PAN Jambi, dan kedekatan itu juga sudah berlangsung cukup lama sejak Zumi Zola menjabat Bupati Tanjungjabung Timur.

Tentu, kabar hengkangnya Afif Firmansyah dari PAN membuat banyak pihak  menduga ada persoalan antara Afif Firmansyah dengan Zumi Zola. Apalagi, pindahnya Ia ke Partai Golkar tidak lama berselang kabar Afif Firmansyah sudah didepak dari lingkaran kekuasaan Zumi Zola.

Seperti apa pengaruhnya bagi PAN maupun terhadap Zumi Zola baik sebagai Gubernur Jambi maupun sebagai Ketua DPW PAN Jambi terkait pindahnya Afif Firmansyah tersebut ?

Menanggapi hal itu, Pengamat politik H Nasroel Yasier kepada reporter brandanews.co.id, Rabu (27/9-2017) mengatakan, persoalan pindah parpol merupakan hak politik pribadi orang per orang.

Hanya saja, kata Nasroel, kepindahan dari parpol yang satu ke parpol yang lain harus dibekali surat pengunduran diri. “Maka tidak ada masalah, kalau ada kader atau pengurus parpol yang pindah ke parpol lain sejauh sudah ada surat pengunduran diri,” katanya.

Oleh karena itu, terkait pindahnya Afif Firmansyah dari PAN ke Partai Golkar tentunya hal yang wajar – wajar saja karena pindah parpol itu hak pribadinya.

 

Selanjutnya, Nasroel mengatakan, kalau sekarang ini muncul anggapan hengkangnya Afif Firmansyah akan mempengaruhi PAN menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, dan selanjutnya Partai Golkar diuntungkan, Ia menyakini tidak ada pengaruhnya yang signifikan terhadap kedua parpol karena yang bersangkutan merupakan pendatang baru dalam dunia politik.

“Kalaupun nanti ada suara yang diperoleh Partai Golkar terkait masuknya Afif Firmansyah ke partai berlambang pohon beringin rindang itu, paling tidak hanyalah suara yang didulang dari segelintir kelompok pendukungnya,” terang Nasroel.

Disamping itu, Nasroel Yasier juga berpendapat, kalau dilihat dari sisi lain, seperti kedekatan antara Afif Firmansyah dengan Zumi Zola Zulkifli, baik sebagai Ketua PAN maupun sebagai Gubernur Jambi, dengan pindahnya Ia ke Partai Golkar sama sekali tidak ada pengaruhnya.

“Tidak ada pengaruh negatifnya terhadap Zumi Zola, baik sebagai Gubernur Jambi maupun sebagai Ketua DPW PAN Jambi. Apalagi, Ia memiliki sejarah yang tidak mengenakan banyak pihak ketika masih berada di lingkaran kekuasaan Zumi Zola waktu itu,” ujarnya, dan sembari mengatakan biasa saja dalam dunia politik kader parpol pindah ke parpol lain seperti yang dilakukan Afif Firmansyah.

Sementara itu, terkait apa yang menjadi penyebab pindahnya Afif Firmansyah dari PAN ke Partai Golkar, hingga saat ini Afif Firmansyah belum dapat dikonfirmasikan reporter brandanews.co.id, walaupun sudah ada upaya menghubungi ponselnya. (sal/pon/war)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Verifikasi Bukan Robot *