Bangun Komunikasi Media, Ini Kata Anggota Komisi V DPR-RI HA Bakri: Saya Sudah Ingatkan

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – “Saya sudah mengingatkan supaya pejabat dilingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU/PERA) yang bertugas di Provinsi Jambi, dapat membangun komunikasi dengan pihak media, baik cetak, eletronik, maupun online,” demikian dikatakan Anggota Komisi V DPR-RI, HA Bakri.

Sudah tidak zamannya lagi, kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, harus ‘kucing – kucingan’ dengan pihak media, karena seiring kemajuan media yang begitu pesat sekarang ini, sudah seharusnya media juga mendapatkan informasi atau keterangan akurat yang disampaikan oleh pejabat pemerintah.

Ini sudah berulang kali saya sampaikan, terang HA Bakri kepada reporterbrandanews.co.id, Kamis malam (8/3-2018) di salah satu restoran di Jambi, tidak saja kepada Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VI, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IV, maupun kepada pejabat dilingkungan Cipta Karya Jambi.

Lebih dari itu, terus dikatakan Ia, malah setiap pertemuan  sikap itu juga sudah disampikan kepada pejabat setingkat Satuan Kerja (Satker), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), supaya melakukan keterbukaan menyangkut soal informasi yang harus disampaikan secara akurat dengan media, supaya nantinya media juga tidak salah melakukan pemberitaannya.

Misalnya, terang HA Bakri, komunikasi kepada pihak media itu bisa dilakukan dengan cara coffee morning, dan untuk kondisi sekarang dalam pelaksanaan proses tender bila perlu dilaksanakan dua kali dalam sebulan, sehingga awak media bisa mengetahui dan menyajikan pemberitaan dari sumbernya yang jelas.

“Kalau dilihat saat ini, akibat tidak terbangunnya komunikasi dengan pihak media itu, sehingga menimbulkan pemberitaan dari  sumber yang tidak akurat kondisi ini jelas sangat membahayakan, terlebih lagi dampak dari kenyataan itu bukan tidak mungkin informasi yang disajikan kepada publik dengan keakuratan yang lemah menjadi sebuah pembenaran di tengah masyarakat,” terang HA Bakri.

Bahkan, diakui HA Bakri, Ia juga sempat mengatakan jika disaat – saat tertentu tidak dapat melaksanakan coffee morning, bisa juga dilakukan dengan memberikan keterangan resmi terkait kegiatan pelaksanaan pembangunan infrastruktur dengan mengirimkan semacam siaran pers kepada masing – masing media itu.

“Dengan demikian, sehingga terbangun komunikasi antara pihak pelaksana pembangunan infrastruktur itu dengan pihak media, dan kalau ini dapat dilakukan masyarakat secara otomatis bisa mendapatkan informasi yang sejelas – jelasnya dari sumber berita yang benar,” ujarnya.

Saya berharap, terang HA Bakri, dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang dibiayai APBN tahun 2018 di Jambi, komunikasi dengan pihak media itu bisa terbangun, sehingga tidak perlu lagi ada pejabat Kementerian PU/PERA di daerah ini harus ‘kucing – kucingan’ dengan awak media karena sudah tidak zamannya lagi. (noer faisal/pon/dik)

Print Friendly, PDF & Email