Berharap Melawan Kotak Kosong, Ibarat Pungguk Merindukan Bulan

0
114
ilustrasi/istimewa

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi –  Kalau sebelumnya calon petahanan heboh akan melawan kotak kosong di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Jambi, dengan cara memborong partai politik (parpol) pengusung, hampir bisa dipastikan pupus sudah harapan itu.

Sebab apa ? Koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan mungkin akan bertambah beberapa parpol lainnya, semakin menguat untuk mengsung kader PDI-P Abdullah Sani sebagai calon Walikota sedang wakilnya Kemas Alfarizi yang merupakan kader PAN.

Juru bicara Komunitas Warga Kota (Kowarko) Jambi, Yanto dalam keterangannya kepada reporterbrandanews.co.idmengatakan, kalau sebelumnya heboh soal melawan kotak kosong di Pilwako Jambi periode 2018 – 2023, itu sama artinya diibaratkan seperti:Pungguk Merindukan Bulan.

Jelas itu, kata Yanto, melawan kotak kosong di Pilwako Jambi merupakan opini politik yang dibangun tetapi tidak rasional, karena PDI-P dan PAN sudah jauh-jauh hari melakukan komunikasi politik untuk berkoalisi menghadapi Pilwako untuk melawan kekuatan petahana, walaupun PDI-P memilik 6 kursi di DPRD Kota Jambi sedangkan PAN punya 5 kursi.

“Itukan jelas opini politik yang sengaja dibangun tetapi tidak didukung analisa politik yang rasional, dan karena itu saya mengatakan melawan kotak ksosong tak ubah seperti pungguk merindukan bulan,” terang Yanto.

Secara terpisah, Ketua DPD PDI-P Jambi Edi Purwanto dalam keterangannya, Kamis (19/10-2017) siang mengatakan, komunikasi politik untuk berkoalisinya PDI-P dan PAN berjalan cukup dinamis, dan sekarang PDI-P hanya menunggu siapa kader PAN terbaik yang akan mendampingi Abdullah Sani yang maju diusung PDI-P.

Sebenarnya, dikatakan Edi Purwanto, koalisi PDI-P dan PAN mungkin akan bertambah beberapa parpol lainnya, tinggal menunggu keputusan resmi dari kesepakatan partai pengusung, soal siapa nomor satu dan siapa yang nomor dua sudah tidak lagi dibahas karena porsinya sudah jelas.

“Kita tunggu saja hasilnya dengan waktu yang tidak lama lagi, koalisi PDI-P dan PAN itu akan segera diumumkan, dan artinya Pilwako Jambi tidak melawan kotak kosong,” kata Edi Purwanto. (sal/pon/fri)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Verifikasi Bukan Robot *