BPJN Wilayah IV Percepat Penanganan Akses Jalan Sungai Penuh – Batas Tapan dan Sungai Penuh – Letter W

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPNJ) Wilayah IV Jambi – Kepulauan Riau (Kepri), percepat penanganan ruas jalan yang terus terancam longsor yang menghubungkan  akses Kota Sungai Penuh – Batas Tappan dan Kota Sungai Penuh – Letter W.

Demikian dikatakan Kepala BPJN Wilayah IV Ir Junaidi MT kepada reporter brandanews.co.id di ruang kerjanya, Senin (3/12-2018).

Dijelaskan Junaidi, akses jalan seperti yang menghubungkan Kota Sungai Penuh – Batas Tappan merupakan daerah rawan longsor, dan untuk diketahui BPJN, secara periodik setiap tahunnya melakukan perbaikan yang disesuaikan anggaran yang ada, termasuk terhadap ruas jalan yang menghubungkan Kota Sungai Penuh – Letter W.

Tahun 2017 hingga tahun 2018, terang Junaidi, telah dilaksanakan penanganan di titik – titik longsor di ruas jalan nasional yang menghubungkan Jambi – Sumatera Barat tersebut, seperti di KM 452 + 200 (STA 35+000), sepanjang 55 meter dengan lebar 27 meter, termasuk ketinggiannya 15 meter dengan volume 9.563,75 M3.

Kondisi serupa, terang Ia, juga pihaknya melaksanakan penanganan di ruas akses jalan yang menghubungkan Sungai Penuh – Siulak Deras – Batas Letter W. “Tidak sedikit penangan longsor yang sudah dilakukan, dan tahun 2019 juga sudah direncanakan penanganan serupa di kedua ruas jalan tersebut.

Selanjutnya, diakhir keterangannya Junaidi mengungkapkan, longsor yang terjadi di kedua ruas jalan nasional yang menghubungkan Jambi – Sumatera Barat, selain kondisi yang memil;iki kecuraman cukup dalam, kondisi itu diperparah dengan tingginya curah hujan sehingga menjadi penyebab terjadinya longsor.

Namun walaupun demikian, kata Ia, akses jalan yang menghubungkan kedua provinsi itu harus tetap terjaga karena akses jalan itu kerap dilalui truk – truk bermuatan bahan pokok dari Sumatera Barat ke Jambi.

“Antisipasi di titik longsor terus dilakukan, dan ini upaya setiap tahun yang dilakukan termasuk menempatkan alat – alat berat di kedua ruas jalan tersebut,” terang Junaidi. (sal/wahyu/supono)

Print Friendly, PDF & Email