Bupati Muaro Jambi Masnah Digugat

Syamsu Rizal SH (kanan) dan Deddy Fitriadi SH, kuasa hukum Edi Munip. Poto/noer faisal

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi– Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro digugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jambi oleh Edi Munip, terkait Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pulo Kayu Aro, Kecamatan Sekernan, Kabupaten MuaroJambi.

Kuasa hukum Edi Munif, Syamsu Rizal SH dan Deddy Fitriadi SH di gedung PTUN Jambi kepada reporterbrandanews.co.id, Rabu (7/3-2018) mengungkapkan, Bupati Muaro Jambi digugat sehubungan diterbitkannya Surat Keputusan (SK) Nomor: 502/Kep.Bup/DPMD/2017, tentang pemberhentian pejabat Kepala Desa Pulau Kayu Aro, dan pengesahaan pengangkatan Kepala Desa Pulau Kayu Aro., tertanggal 11 Desember 2017.

Menurut Syamsu Rizal, dalam pelaksanaan Pilkades Pulau Kayu Aro sesuai bukti – bukti yang ada dapat disimpulkan cacat hukum, dan merugikan kliennya Edi Munif yang merupakan salah satu calon di Pilkades tersebut.

Dalam keterangan, diungkapkan Syamsu Rizal, dalam pemungutan suara diketemukan bukti yang sekarang menjadi bahan gugatan ke PTUN, salah satunya terdapat 31 orang yang tidak dapat memilih karena tidak adanya undangan dalam Pilkades itu.

Akibatnya, kliennya Edi Munip mengalami kekalahan dalam pemungutan suara hanya berselisih 16 suara. “Kliennya Edi Munif memperoleh 433 suara sedangkan lawannya hanya memperoleh 449 suara, sedangkan jumlah DPT 1041, dengan jumlah pemilih 882 orang ” kata Syamsu Rizal SH.

“Ini jelas sudah terjadi kecurangan dalam Pilkades Pulau Kayu Aro yang merugikan kliennya, dan ini yang selanjutnya digugat ke PTUN Jambi supaya dibatalkan,” terangnya.

Gugatan ke PTUN Jambi, disebutkan Syamsu Rizal, sudah didatrkan 15 Februari 2018, dan nomor perkara 6/G/2018/PTUN Jambi. (sal/pon/jul)

Print Friendly, PDF & Email