Danyonif R 142/KJ: 21 Pos Jaga Perbatasan RI-RDTL Sektor Timur

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Komandan Batalyon Infanteri Raider (Danyonif R) 142/ Ksatria Jaya, Mayor Infanteri Ikhsanudin, S.Sos, M.M mengungkapkan, sebanyak 400 prajurit yang ditugaskan dalam Operasi Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, diberangkatkan 13 Agustus 2019 mendatang.

Ratusan prajurit Yonif R 142/KJ yang langsung dipimpinnya itu, kata Danyonif R Ikhsanudin kepada reporter brandanews.co.id di ruang kerjanya, Senin siang (29/7-2019), nantinya akan menjaga 21 pos keamanan di daerah itu.

Terdapat 21 pos keamanan, kata Ikhsanudin, nantinya akan disisi dan dijaga oleh prajurit Yonif R 142/KJ di Sektor Timur, sedangkan di Sektor Barat tugas pengamanannya dilaksanakan dari Yonif 132/BS.

“Saya beberapa waktu lalu sudah berkunjung ke daerah perbatasan RI-RDTL, dan selanjutnya juga sudah melihat satu per satu dari 21 pos yang akan dijaga pengamannya oleh prajurit yang akan dipimpinnya selama lebih kuran sembilan bulan bertugas di daerah itu,” terang Ikhsanudin.

Sekarang ini, kata jebolan Akmil tahun 2002 dan telah melaksanakan Seskoad tahun 2016 lalu itu, Ikhsanudin mengungkapkan, pihaknya sedang melaksanakan seluruh kesiapan yang akan dibawa ke daerah itu.

Penugasan Operasi Satgas Pamtas RI-RDTL, dijelaskan Ia, lebih difokuskan untuk menjaga perbatasan dari berbagai tindak kejahatan penyelundupan, selain menyangkut penyelundupan BB, Narkoba, dan pelanggaran batas wilayah.

“Insya Allah, menyangkut kontak senjata tidak ada tetapi banyak pelanggaran hukum menyangkut penyelundupan dan lainnya yang menjadi tugas pokok dalam operasi itu,” sebutnya.

Selain itu, Mayor Inf Ikhsanudin tugas lain yang diemban misi prajuritnya dalam operasi itu, membangun hubungan positif antara prajurit dengan warga masyarakat setempat.

Karena itu tugas pokok, sehingga pihaknya terang Ia, melaksanakan berbagai kegiatan, seperti kegiatan dalam program kesehatan masyarakat, membangun perekonomian, dan menyangkut kegiatan keagamaan.

Makanya, kata Ikhsanudin menambahkan, sekarang ini, prajurit Yonif R 142/KJ sedang mempersiapan, seperti alat – alat kesehatan, membangun jamban, dan al kitab, serta alat olahraga.

“Disana nanti prajurit  Yonif R 142/KJ secara bersama – sama dengan masyarakat setempat membangun daerah itu, dan ini tentunya dilandasi rasa kemanunggal TNI dengan Rakyat,” terangnya.

Insya Allah, tugas Operasi Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur, kata Ikhsanudin, dapat dilaksanakan sesuai ketentuan yang sudah digariskan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat melihat kesiapan prajurit, Jum’at (26/7-2019) lalu. (wahyuputra/jul/sal)

 

Print Friendly, PDF & Email