DUKUNG PARIWISATA JAMBI GAET WISMAN TIONGKOK, SAH BAWA PROGRAM BIMTEK PROMOSI WISATA

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Totalitas perjuagan Sutan Adil Hendra (SAH) dalam memajukan dunia pariwisata Jambi kembali terbukti, kali ini Pimpinan Komisi X DPR RI yang membidangi pariwisata itu membawa program Bimbingan Teknis Promosi Pariwisata untuk Pasar Tiongkok ke Jambi.

Dalam acara yang dilaksanakan dua hari  di Swisbell Hotel Jambi , 10 – 11 September 2019 tersebut tersebut, SAH mengatakan ada jurus ampuh untuk memancing wisman ke Indonesia.

Jurus yang dimaksud Anggota Fraksi Partai Gerindra itu adalah konsep bagaimana konsumen mendapat super banyak, tapi mereka membayar super murah.

“Mau orang Tiongkok datang ke Jambi, gampang, asal bisa membuat wisman dapat banyak, tapi membayar super murah,” ungkap SAH dihadapan para pelaku wisata Provinsi Jambi.

Pertanyaannya, bagaimana bisa? “Bisa, caranya menggunakan konsep sharing economy yaitu memanfaatkan excess capacity. Daripada excess capacity itu tak terjual sama sekali, lebih baik dijual murah alias diskon besar-besaran,” tambahnya.

“Ini saya sebut sebagai strategi menjaring di kolam tetangga yang sudah banyak ikannya. Maksudnya, kita menarik para wisman yang sudah berada di hub regional seperti Singapura untuk melanjutkan berlibur ke Jambi,” jelasnya.

Pada Bimbingan Teknis tersebut SAH mengakui salah satu persoalan pelik Pariwisata Jambi memang terletak di minimnya direct flight dari originasi. Direct flight kita misalnya dari originasi China mencapai 50 persen. Artinya 50 persen sisanya masih transit dari Singapura, Kuala Lumpur, atau Hong Kong.

“Akan jauh lebih mudah jika kita “menjaring” di hub-hub regional yang sudah banyak wisatawannya,” tambahnya.

“Lalu caranya bagaimana? Salah satunya ya lewat kerjasama yang dibicarakan di Travel Dialogue pada Bimbingan Teknis ini. Bagaimana orang yang datang di Singapura bisa dialirkan ke Indonesia dan Provinsi Jambi,” tandasnya.(wyu/wal/dik)

Print Friendly, PDF & Email