Erwin Jaya Zuchri: PDAM itu BUMD, dan Bukan Dinas atau OPD

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Aior Minum (PDAM) Tirta Mayang Erwin Jaya Zuchri mengatakan, PDAM itu merupakan perusahaan, atau BUMD, dan bukan dinasnya pemerintah atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Lantas, kata Ia, kalau PDAM menaikan tarif air tentunya merupakan manajemen perusahaan yang mencari untung. Namun, harus sesusai dengan ketentuan, seperti Permendagri Nomor 70 dan 71, tahun 2016, dan disetujui sesuai Peraturan Walikota (Perwal).

Dasar itulah, dikatakan Erwin, sehingga PDAM Tirta Mayang menaikan tarif airnya kepada pihak pelanggan yang kenaikan itu diatur oleh ketentuan pemerintah. “Jadi kenaikan tarif air tidak suka-suka tetapi disesuaikan dengan kebutuhan biaya produksi, dan biayai lainnya,” terangnya.

Lantas, kalau sekarang ini PDAM Tirta Mayang menaikan tarif air dari sebelumnya Rp 2.000/kubik menjadi Rp 4.000/ kubik, selain diatur sesuai Permendagri tetapi juga diatur sesuai persetujuan Perwal.

“Kalau selanjutnya kenaikan itu diprotes karena dianggap mahal, atau sebagainya, bukannya malah protes itu ditujukan untuk kepentingan mengganti Dirut PDAM, tetapi semestinya mendorong DPRD Kota Jambi untuk mendesak membatalkan Perwal, atau dilakukan dengan cara mensubsidi tarif air yang digunakan pelanggan,” demikian kata Erwin kepada reporterbrandanews.co.id, Rabu (17/1-2019).

Pihak PDAM Tirta Mayang, dikatakan Erwin, tarif air yang sekarang sebesar Rp 4.000/kubik, masih jauh lebih murah dibandingkan sejumlah daerah lain yang sudah menaikan Rp 3.000/kubik.

Dan bahkan dikatakan Ia, kalau ada harga air bersih seperti yang diproduksi PDAM dijual pihak lain dengan harga dua kali lipat dari harga tarif PDAM, pihaknya sanggup membeli air itu.

“Tidak mungkin ada harga yang dijual lebih murah dari tarif PDAM. Tidak mungkin itu,” ujar Erwin.

Sekarang, PDAM Tirta Mayang tetap memberlakukan tarif air, dan tidak mungkin dilakukan penurunan tarif terkecuali dilakukan subsidi, bukannya mendesak untuk mengganti Dirut PDAM. (wahyu/sal/nof)

 

video

 

Print Friendly, PDF & Email