Fachrori: Tingkatkan Kontribusi PKK Wujudkan Jambi TUNTAS

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi  – Hj.Rahima Fachrori resmi dilantik sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi sisa masa bakti 2016-2021 di rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu (20/2/19). Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua Umum TP PKK  (Pusat) Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. Rahima mengantikan Ketua TP PKK sebelumnya, Hj.Sherrin Tharia Zola. Gubernur Jambi  Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum selaku Pembina TP PKK Provinsi Jambi dalam sambutannya menegaskan pentingnya meningkatkan peranan TP PKK Provinsi Jambi membantu pemerintah dalam mewujudkan Jambi TUNTAS 2021. Hadir pada kesempatan ini Sekda Provinsi Jambi Drs.H.M.Dianto,M.Si, Asisten Sekda Provinsi Jambi, Kepala OPD Pemprov Jambi, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, serta tamu undangan lainnya.

Gubernur Jambi, Dr.Drs H.Fachrori Umar, M.Hum menyatakan bahwa Provinsi Jambi memiliki pekerjaan rumah yang besar untuk mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. “Saya berharap pelantikan ini bukan sebatas formalitas yang tercantum pada struktur kepengurusan, tetapi TP PKK dapat melakukan inovasi dan kreasi serta ide-ide cemerlang yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Provinsi Jambi masih dihadapkan pada beberapa pekerjaan rumah, antara lain pengurangan rumah tangga miskin, peningkatan kualitas tenaga kerja yang masih didominasi 50% lulusan Sekolah Dasar, penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi, penyebaran TBC, demam berdarah, HIV AIDS dan narkoba,” jelas Fachrori.

Fachrori menyebutkan bahwa dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut diperlukan peran semua pihak baik pemerintah, swasta,  maupun masyarakat termasuk TP PKK Provinsi Jambi. “Untuk itu, saya menaruh harapan besar kepada PKK agar dapat terus meningkatkan kontribusinya dalam pembangunan Provinsi Jambi sebagaimana kita ketahui PKK memiliki peran penting dan strategis bagi pembangunan yang memiliki dasawisma sebagai unit PKK terdepan misalnya turut berperan dan sangat menentukan bagi keberlanjutan program Posyandu, Pendidikan Anak Usia Dini, Bina Keluarga Balita, serta usaha peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga UP2K dan berbagai program lainnya,” tuturnya Fachrori.

“Tujuan utama gerakan PKK adalah mewujudkan keluarga sejahtera, yaitu keluarga yang mampu menciptakan keselarasan keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin. Keluarga harus diupayakan menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan. Apabila semua keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan dan penghidupannya yang sejahtera dan harmonis, tentu akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat yang sejahtera. Mari kita bersatu padu  membangun Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah tercinta,” terang Fachrori.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori dalam sesi wawancaranya menegaskan komitmen TP PKK Provinsi Jambi dalam membantu mewujudkan Jambi TUNTAS 2021. ”Sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan maka TP PKK akan memberikan dukungan sepenuhnya mewujudkan visi Jambi TUNTAS. Kita bersinergi dengan pemerintah untuk bekerja bersama dalam menuntaskan permasalahan yang ada di masyarakat. Kita akan meneruskan program yang sudah ada, dan jika ada program baru akan kita masukkan juga. Salah satu yang akan kami perhatikan adalah bagaimana mengembangkan ekonomi masyarakat melalui UMKM, seperti produk unggulan kita yaitu anyaman seperti tas, tikar, yang sangat diminati di pangsa pasar internasional, ketika kita ke Jeddah ternyata produk itu sangat laris di sana, ”ungkap Rahima.

Ketua Umum TP PKK (Pusat), Erni Guntarti Tjahjo Kumolo mengemukakan percaya bahwa Rahima akan meningkatkan peran serta TP PKK dalam pembangunan di Provinsi Jambi. Sebagai mitra kerja pemerintah, PKK memiliki 10 Program Pokok yang mendukung program kerja pemerintah. Untuk itu, dirinya berharap program PKK tersebut dapat terus bersinergi dengan pemerintah, serta dalam pelaksanaannya, agar tetap memperhatikan situasi dan kondisi daerah masing-masing.

“Kami harapkan pembinaan dapat secara berkesinambungan agar dapat menjaga sinergitas dan kekompakan Tim Penggerak PKK desa/kelurahan kecamatan dan kabupaten/kota, dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab mensukseskan 10 program pokok PKK, agar banyak lagi daerah yang mempunyai icon atau potensi yang dapat dikembangkan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pembinaan dan bimbingan Ketua TP PKK Provinsi Jambi sebelumnya,” ungkap istri dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo itu. (wahyu/humaspemprovjambi)

Print Friendly, PDF & Email