Gubernur Jambi Apresiasi TNI Garda Terdepan Penjaga Kesatuan NKRI

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi –  Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menghadiri puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tingkat Provinsi Jambi yang digelar di Lapangan depan Kantor Gubernur Jambi, Sabtu (05/10-2019). Danrem 042/Garuda Putih Kolonel. Arh. Elphis Rudi bertindak sebagai inspektur upacara.

Sekda Provinsi Jambi, Drs.H.M.Dianto,M.Si, Forkopimda Provinsi Jambi, para Staf Ahli Gubernur Jambi, para Kepala OPD atau yang mewakili lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, dan para bupati/walikota se Provinsi Jambi turut hadir dalam acara tersebut.

Pada kesempatan ini ditampilkan atraksi-atraksi simulasi pasukan TNI dalam penyelamatan sandra yang dilakukan oleh teroris.

Usai upacara, gubernur bersama Kapolda Jambi Irjen Pol.Muchlis AS dan Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, melepas konvoi kendaraan mobil perang, konvoi mobil tua (mobil antik), dan konvoi motor gede (Moge), konvoi TLCI Satu Jambi dan konvoi motor lainya. Gubernur naik di salah satu mobil operasional TNI yang dikemudikan oleh Danrem 042/Garuda Putih, dari lapangan depan Kantor Gubernur Jambi menuju Makoram, dilanjutkan mengunjungi  pameran Alutsista di Lapangan Makorem Jambi. Di pameran alutsista tersebut ditampilkan peluru, senjata, senapan runduk, meriam, hingga tank Berbagai kendaraan TNI berjejer rapi

Dalam sesi wawancara, gubernur menyampaikan ucapan selamat atas HUT ke-74 TNI. “Atas nama masyarakat Provinsi Jambi, saya menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-74 Tentara Nasional Indonesia. Selamat atas prestasi yang ditorehkan oleh TNI,” ujar Fachrori.

Fachrori menyampaikan apresiasi kepada para prajurit dan perwira TNI  atas kontribusi dan dedikasi menjalankan tugas mulia di seluruh pelosok negeri, menjadi garda terdepan dalam menjaga kerukunan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terutama di wilayah pelosok Republik Indonesia.

“TNI selain bertugas sebagai menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), TNI juga berperan aktif dalam pembangunan di berbagai bidang terutama di  Provinsi Jambi TNI sangat berhasil dalam membantu pemerintah daerah dalam program pembangunan mencetak sawah baru di kabupaten-kabupaten di Provinsi Jambi serta cepat merespon permasalahan bangsa, seperti penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi saat ini,” ungkap Fachrori.

“Kehadiran TNI sangat dirasakan dalam kehidupan, terutama dalam berbangsa dan bernegara dalam kedamaian yang dirasakan oleh masyarakat. Semoga TNI kedepannya semakin Jaya,” pungkas Fachrori.

Dalam sambutan tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang dibacakan Korem 042 Garuda Putih Kolonel. Arh. Elphis Rudi disampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota TNI/PNS di lingkup TNI di seluruh Indonesia yang telah menunjukan profesionalitasnya dalam setiap pelaksanaan tugas yang telah dipercayakan rakyat bangsa dan negara. “Saya yakin keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesional TNI-nya,  hal itu perlu disukuri sebagai cambuk kita semua agar kita berbuat lebih baik lagi,” ujar Panglima TNI.

Selain itu, Panglima TNI menyampaikan duka mendalam atas gugurnya prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas negara. “Kami yang ditinggalkan akan melanjutkan tugas-tugas yang diamanatkan, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran,” ungkapnya

Dalam  melaksanakan  tugas  pokoknya, lanjut Kolonel Arh. Elphis Rudi, TNI harus bahu-membahu dan bersinergi dengan berbagai komponen bangsa lainnya. Untuk itu, Panglima TNI, memberikan  penekanan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI, untuk dipedomani dan dilaksanakan, diantaranya memperkokoh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan soliditas TNI, memegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, meningkatkan  kewaspadaan  dan  profesionalitas  serta  kualitas  sumber  daya  manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas yang semakin kompleks, menyikapi berbagai kemajuan dengan  bijak, serta menjalani  setiap  tugas  secara  ikhlas.

Kapolda Jambi, Irjen Pol.Muchlis AS turut megucapkan Dirgahayu ke 74 TNI. “Sejak saya dinas, sekian tahun tugas di Jambi, saya melihat inilah ulang tahun TNI yang paling meriah, ini menandakan bahwa antusias masyarakat dan kecintaan masyarakat terhadap TNI sudah menjadi darah daging, karena bersama masyarakat TNI kuat,” ujar Muchlis.

“Harapan kedepannya semoga TNI tetap jaya, semakin dekat dengan masyarakat, sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah Daerah terus berlanjut tanpa akhir,” tambah Kapolda Jambi. (wyu/humaspemprovjambi)

Print Friendly, PDF & Email