GUBERNUR JAMBI RESMIKAN SIRKUIT SWARNADWIPA NUSANTARA

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi  – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan, peresmian Sirkuit Swarnadwipa Nusantara tentunya akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Bungo. Hal tersebut dikemukakan Fachrori saat meresmikan secara langsung Sirkuit Swarnadwipa Nusantara Bungo, bertempat di Pasar Serunai Bungo, depan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0416/Bungo Tebo, Kabupaten Bungo, Jum’at (18/10-2019) malam.

 

Peresmian Sirkuit Swarnadwipa Nusantara Bungo ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Jambi. Pada kesempatan tersebut, Gubernur Jambi juga melepas peserta Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Speed Offroad 2-3 dan Kejurnas Sprint Rally 3-4 Tahun 2019 sebagai tanda dibukanya Sirkuit Swarnadwipa Nusantara Bungo, serta menjadi kejuaraan pertama kali yang dilaksanakan di Provinsi Jambi dengan jumlah peserta sebanyak 65 peserta, terdiri dari 30 peserta Kejurnas Speed Offroad dan 35 peserta Kejurnas Sprint Rally.

Sirkuit Swarnadwipa Nusantara berada di lahan seluas 25 hektare dengan panjang sirkuit sepanjang 8,4 km dan lebar 6-8 meter dan terdapat beberapa track antara lain track adventure, track drag race, track road race dan track motorcross, serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya adalah tribun penonton.

 

“Peresmian sirkuit ini sendiri tentu akan memberikan dampak positif dan multiplier effect terhadap pembangunan di Kabupaten Bungo, baik itu pembangunan dalam bidang olahraga otomotif, bidang pariwisata, sampai kepada pembangunan bidang ekonomi yang berimbas dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara bertahap,” ujar Fachrori.

“Sebelumnya, saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta kejurnas rally dan offroad yang telah hadir dan berpartisipasi dalam Kejurnas di Sirkuit Swarnadwipa Nusantara. Semoga karakteristik sirkuit ini dapat lebih mengasah kemampuan dan keterampilan para peserta, sehingga nantinya dapat berkiprah di level yang lebih tinggi lagi dan membuat harum nama Indonesia, khususnya Provinsi Jambi,” tambah Fachrori.

 

Fachrori menjelaskan, keberadaan Sirkuit Swarnadwipa Nusantara ini tentunya dapat lebih menghidupkan pariwisata Kabupaten Bungo kedepannya dan akan menjadi penopang pertumbuhan perkembangan Kabupaten Bungo disemua bidang, karena melalui event event yang akan diselenggarakan, kedepannya akan ebih banyak lagi orang orang berkunjung ke Bungo.

“Melalui berbagai event yang kita selenggarakan di Sirkuit ini, baik itu regional, nasional dan internasional, membuat orang orang semakin banyak datang ke Bungo, sehingga berimbas kepada meningkatnya perekonomian masyarakat Bungo karena bisnis pariwisata, perhotelan, transportasi dan kuliner semakin lancar, transaksi keuangan juga semakin meningkat seiring dengan banyaknya orang orang berkunjung ke Kabupaten Bungo,” jelas Fachrori.

Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung sekali keberadaan Sirkuit Swarnadwipa Nusantara dan turut mendorong Pemerintah Kabupaten Bungo untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan Sirkuit Swarnadwipa Nusantara dengan mensinergikan event event terhadap program pembangunan pemerintah, baik di bidang olahraga, pariwisata, barang dan jasa, serta bidang lainnya.

“Kita semua patut berbangga dengan peresmian Sirkuit Swarnadwipa Nusantara, karena sirkuit ini merupakan sirkuit pertama di Pulau Sumatera. Tentunya ini akan menjadi suatu momentum yang sangat baik untuk lebih mengembangkan olahraga otomotif di Provinsi Jambi,” pungkas Fachrori.

 

Bupati Bungo, H.Mashuri,SP.,ME mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jambi yang telah bersedia hadir untuk meresmikan Sirkuit Swarnadwipa Nusantara dan melepas para peserta kejurnas offroad dan rally, tentunya ini merupakan suatu bentuk dukungan dari Pemerintah Provinsi Jambi terhadap pengembangan olahraga otomotif di Kabupaten Bungo.

“Saya juga mengharapkan kepada IMI Pusat kedepannya, agar dapat menyelenggarakan event event nasional di Kabupaten Bungo secara berkelanjutan, karena saat ini Kabupaten Bungo telah memiliki sirkuit dengan fasilitas yang memadai dan merupakan sirkuit pertama di Pulau Sumatera,” harap Mashuri.

Sekretaris Jenderal IMI Pusat, Jeffrey JP sangat menyambut baik dengan peresmian Sirkuit Swarnadwipa Nusantara Bungo dan kedepannya harus ada sinergi dan koordinasi yang baik dengan semua pihak untuk bisa terus menyelenggarakan event di Kabupaten Bungo.

“Sirkuit ini sangat baik sekali sebagai salah satu sarana untuk memperkenalkan potensi yang ada di Kabupaten Bungo, baik itu dari segi pariwisatanya, kulinernya, kerajinannya dan oleh oleh khas dari Kabupaten Bungo sendiri,” kata Jeffrey.

Jeffrey juga berpesan, untuk menjadikan Sirkuit Swarnadwipa Nusantara menjadi pusat pengembangan olahraga otomotif di Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Bungo, dengan memanfaatkan seluruh fasilitas yang ada di sirkuit tersebut.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Wakil Bupati Bungo, Walikota Pagar Alam, Walikota Cimahi dan para undangan lainnya. (wyu/jul/humaspemprovjambi)

Print Friendly, PDF & Email