Gubernur Nyatakan Komitmen Tangani Karhutla, Begini Langkah Konkretnya

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Gubernur Jambi, Dr.Drs,H.Fachrori Umar,M.Hum mengatakan berkomitmen terhadap penanganan musibah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang masih terus terjadi di berbagai daerah di Provinsi Jambi.

Melalui Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah,SE,ME mengatakan bahwa gubernur telah berkomitmen betul dalam masalah pengangan Karhutla ini.

“Yang jelas saat ini, tim sedang bekerja. Masih bekerja dengan melaksanakan operasi udara maupun darat. Operasi udara itu kita laksanakan dengan Water Bombing helikopter, dan itu sudah kita laksanakan. Operasi darat juga kita laksanakan, dan itu melibatkan tenaga BNPB, BPBD kemudian TNI-POLRI dan Masyarakat Peduli Api,” katanya, Selasa (17/9-2019).

Selain itu, kata dia, Pemerintah Provinsi Jambi juga telah mendapatkan tambahan Helikopter Water Bombing untuk membantu pemadaman api di wilayah-wilayah karhutla.

“Kita juga mendapatkan tambahan Helikopter Water Bombing, yang kemarin kita dapat satu dan tambahan dapat satu lagi berarti Helikopter Water Bombing itu sudah menjadi tiga, Nah ini diharapkan bisa memadamkan lahan-lahan yang terbakar,” ujarnya.

“Kemudian operasi darat, monitoring itu akan dilakukan segera oleh tim-tim kita yang dipimpin oleh pak Danrem sendiri,” lanjutnya.

Sementara itu, ia juga menjelaskan bahwa hari ini Gubernur Jambi telah memerintahkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mengadakan rapat mengenai pendataan perusahaan-perusahaan yang arealnya terbakar.

“Hari ini, Pak Gubernur Jambi memerintahkan kepada OPD terkait, rapatnya dipimpin oleh Asisten ll akan mengundang OPD terkait. Kita ingin mendata perusahaan-perusahaan yang memang lahan-lahannya terbakar,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini merupakan acuan bagi pemerintah untuk mengambil langkah-langkah berikutnya. “Selesai rapat hari ini pendataan dan laporan dari semua OPD seperti Kehutanan dan Perkebunan yang lahannya terbakar. Mereka akan survei ke lapangan, menetapkan titik-titik yang memang dilanggar oleh perusahaan. Selanjutnya. Pak Gubernur Jambi akan melaksanakan rapat Forkopinda yang mengundang para NGO, para Bupati yang wilayahnya terbakar dan ini akan kita ambil langkah-langkah kongkret terhadap perusahaan,” terang Johansyah..

Kemudian, lanjut Johansyah, pihaknya juga akan merekomendasikan hal tersebut kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang apa langkah-langkah y terhadap perusahaan-perusahaan yang melanggar peraturan perundang-undangan. “Mudah-mudahan akhir September ini, kita akan mengambil langkah-langkah konkret seperti itu,” pungkasnya.

Dalam rapat hari ini, direncanaka hari Kamis,19 september 2019, Gubernur Jambi akan melaksanakan rapat terpadu penanganan karhutla mengundang Forkopinda, para bupati/ walikota, Kapolres, Dandim kab/ kota, kepala BPBD kab/ kota, dan nanti akan disepakati komitmen bersama untuk penanganan karhutla di Provinsi Jambi.(wahyuputra/humaspemprovjambi)

Print Friendly, PDF & Email