Harga Ayam Potong di Kota Jambi Tembus Rp 60 Ribu/Kilo

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Harga ayam potong di Kota Jambi cukup tinggi sejak beberapa hari terakhir.  Ada pedagang ayam potong yang menjualnya seharga Rp 55 ribu/kilo, dan ada juga yang menjualnya dengan harga Rp 60 ribu/kilo.

Antoni (42), salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Kebon Handil, Kota Jambi, Jum’at (20/7-2018) kepada reporter brandanews.co.id mengungkapkan, harga ayam potong yang dijualnya mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Satu ekor ayam, kata Ia, terhitung Rp 40 ribu/kilo sekarang ini, tentu jika ayam itu dipotong – potong terpaksa pedagang menjualnya bervariasi dari Rp 55 ribu/kilo s/d Rp 60 ribu/kilo.

“Sepengetahuannya naiknya harga ayam potong itu diakibatkan ayam tidak lagi diperpolehkan untuk di vaksin sehingga pembesarannya melambat, dan itulah yang membuat harga ayam potong mengalami kenaikan,” terang Toni.

Bagi kami, sebagai pedagang, kata dia, asal ayam potong masih ada tentu pedagang disini pastinya tetap berjualan, tetapi sekarang ini ayam potong semakin sulit diperoleh pedagang.
“Lihatlah hari ini pedagang ayam potong sepi karena ayam sulit diperoleh,” ungkapnya.

Akibat naiknya harga ayam potong, selanjutnya dilaporkan pedagang kuliner, seperti pecel lele, seafood, rumah makan, mengalami ‘patas semangat’ untuk berjualan.

“Mahal semua, harga ayam potong saja sebegitu mahalnya, belum lagi harga telur hingga mencapai Rp 1.700/butir. Babak belur pedagang sekarang,” kata Ahui, salah seorang pedagang rumah makan di kawasan Tanjung Pinang, Kota Jambi.

Kita tetap berharap, kata Ahui, naiknya harga ayam potong danselanjutnya diikuti naiknya harga telur, semoga pemerintah mengambil langkah nyata untuk mengembalikan ke harga semula yang hanya Rp 35ribu/kilo. (sal/wyu/wan)

Print Friendly, PDF & Email