Hari Juang Kartika 2018, Bagikan Sembako Gratis Untuk Masyarakat di Mimika

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi–  Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018, Tim Pembinaan Masyarakat TNI bersama Kodim 1710/Mimika melaksanakan kegiatan Bakti Sosial di Gereja Kemah Injil (Kingmi)  Jemaat Berea Klasis Mimika Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Jumat (30/11/2018).

Pada kegiatan tersebut, Tim Pembinaan Masyarakat TNI bersama dengan Anggota Kodim 1710/Mimika membagikan sembako  kepada 80 orang masyarakat Kwangki Narama yang merupakan jemaat gereja Berea, sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018.

Hari Juang Kartika erat hubungannya dengan peristiwa bersejarah di Kota Ambarawa, Jawa Tengah pada tahun 1945. Saat itu para pendahulu Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bersama rakyat bahu membahu mempertahankan setiap jengkal tanah air dari genggaman musuh yang ingin menjajah kembali bumi pertiwi. Peristiwa ini kemudian dikenal dengan Palagan Ambarawa sekaligus menjadi tonggak Hari Juang Kartika.

Perwakilan peninjau Tim Pembinaan Masyarakat TNI Kolonel Chb Dedi menyampaikan bahwa Hari Juang Kartika sebetulnya mengingatkan kembali bahwa TNI itu tidak lain adalah rakyat. “Jadi tanpa dukungan masyarakat Indonesia, tidak mungkin kita bisa berhasil melakukan tugas apapun,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Dandim) 1710/Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemberian sembako kepada jemaat gereja Berea dalam rangka menyambut perayaan Natal tahun 2018. “Kebetulan untuk perayaan Natal tahun ini saya sendiri juga akan merayakan Natal dan tahun baru di Timika bersama-sama bapak ibu sekalian,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Lurah Kampung Harapan Distrik Kwangki Narama  Ibu House Frans Fele menyampaikan terima kasih kepada Tim Pembinaan Masyarakat TNI bersama Kodim 1710/Mimika atas bantuan serta perhatiannya  kepada warga Mimika. “Semoga tuhan yang membalas kebaikan bapak bapak sekalian,” ucapnya.

Acara dilanjutkan doa bersama yang dipimpin oleh Pendeta Lukas Hagabal dari gereja Kingmi Jemaat Berea serta pemberian bantuan sembako secara simbolis oleh Dandim 1710/Mimika kepada perwakilan masyarakat jemaat gereja Berea.

Adapun bantuan sembako  yang diberikan kepada masyarakat berupa beras 25 kg (10 karung), gula 50 kg (4 karung), minyak Goreng 20 liter (10 jerigen), Mie Instant 10 Karton, Kopi Robusta10 karton.

Selain melaksanakan kegiatan pembagian sembako Tim Pembinaan Masyarakat TNI juga telah melaksanakan kegiatan pengobatan massal, penyuluhan pertanian, pembagian bibit jagung, asistensi pendidikan karakter kejuangan, wawasan kebangsaan, pemberian paket peralaatan sekolah kepada pelajar serta kepramukaan melalui Saka Wira Kartika.

Hal ini dilaksanakan sebagai wujud positif pelayanan dan komitmen Kemanunggalan TNI bersama masyarakat. Hadir pada kesempatan aparat kewilayahan jajaran Kodim 1710/Mimika, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat wilayah setempat. (sal/puspen tni)

Print Friendly, PDF & Email