INCAR WISMAN EROPA, SAH BAWA PROGRAM PROMOSI PARIWISATA KE JAMBI

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) mendorong pelaku usaha pariwisata dan Jambi dapat melakukan promosi di kota – kota Eropa seperti Zurich di Swiss, London di Inggris dan Berlin di Jerman maupun daerah lain yang menjadi target Kemenpar secara nasional.

Penegasan ini disampaikan Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI tersebut ketika menghadiri acara Bimbingan Teknis Sinkronisasi Promosi Pariwisata Indonesia untuk Pasar Eropa yang di laksanakan di Swissbel-hotel Jambi, Jumat (13/9-2019).

“Kegiatan ini bagian upaya kita untuk menyambut target Kemenpar yang berupaya mendatangkan 2 juta wisatawan asal Eropa tahun ini, jadi kita butuh sinkronisasi promosi, bagaimana Jambi bisa mendapatkan kunjungan wisman Eropa,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu SAH mencontohkan beberapa negara yang bisa dijadikan target promosi wisata Indonesia di Eropa, seperti Swiss kita jadikan target misi penjualan karena negara ini memiliki pasar wisatawan klasik yang memiliki potensi besar untuk dibidik.

“Swiss selain sudah menjalin kerja sama yang baik pemerintah kita pada bidang ekspor dan impor, juga berkontribusi sekitar 1,5 juta wisman pada 2018 dan diharapkan dapat meningkat 2 juta pada 2019 ini,” jelasnya.

Sehingga SAH mengatakan pasar wisatawan Eropa merupakan pangsa yang tepat untuk dikembangkan dan bahkan diperkuat bukan hanya di Bali dan 10 destinasi unggulan lainnya, tetapi Jambi bisa melakukan hal yang sama, tegasnya.

Upaya ini menurutnya perlu mendapatkan komitmen dari para pemangku kepentingan pariwisata di Jambi dan kawasan Sumbagsel untuk mengelola pasar Eropa dengan baik.

“Salah satunya penguatan standardisasi prosedur dan keamanan yang dimiliki setiap properti. Pasar Eropa sangat sensitif terhadap standar tersebut sehingga kondisi ini harus dipersiapkan dengan baik dan matang,” tuturnya.

Lalu SAH mencontohkan standar kelayakan, keamanan, pelayanan, dan pengelolaan bukan hanya untuk akomodasi, tetapi juga pelaku usaha pariwisata lain seperti jasa transportasi, biro perjalanan, pemandu wisata hingga destinasi yang ada.

“Produk Jambi sangat beragam, juga ada kuliner dan wisata alam. Inilah produk unggulan kita untuk dijual ke luar negeri,” tandasnya.(wyu/jul/wal)

Print Friendly, PDF & Email