Ini Pengakuan Pengemudi Truk: Kondisi Jalintim Jambi Lebih Baik Dibanding Jalintim Sumsel

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Kondisi ruas Jalan Lintas Timur yang menghubungkan Jambi – Batas Riau, Jambi Batas Sumatera Selatan (Sumsel), cukup siap menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri tahun 2018.

Demikian, kata Ipung (47), salah seorang pengudi truk bermuatan sayur- mayur yang sempat diwawancarai tim reporter brandanews.co.id, Kamis (25/5-2018) di gerbang perbatasan Jambi – Riau.

“Kondisi ruas Jalintim Jambi cukup baik dibandingkan dengan Jalintim yang menghubungan Sumatera Selatan – Jambi.

Namun, dikatakan lelaki berbadan gempal itu, kondisi Jalintim Jambi memang tidaklah semulus Jalintim yang menghubungkan Riau – Jambi, karena di ruas Jalintim Riau sekarang ini hampir seluruhnya menggunakan kualitas regid beton, sedangkan Jalintim Jambi masih menggunakan aspal hotmix.

Tetapi kalau dibandingkan dengan kondisi Jalintim yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan, tentu harus diakui Jalintim Jambi jauh lebih baik, seperti kondisi Jalintim di sepanjang 169 Kilometer yang menghubungkan Jambi – Batas Riau.

IPUNG (47) salah seorang pengemudi truk bermuatan sayur mayur dari Medan, Sumatera Utara tujuan Jakarta, ketika diwawancarai reporter brandanews.co.id mengakui kondisi Jalintim Jambi cukup baik, dan siap menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 2018. poto/wahyu

“Sekarang ini kondisinya cukup mulus, walaupun ada beberapa titik yang mengalami kerusakan yang tidak parah, seperti di Km 75, Kecamatan Muara Papalek, Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” ujarnya.

Dan menurut Ipung, hanya ada satu titik longsor lainnya dan itupun sudah mulai dilakukan antisipasi seperti di Km 121 Sungai Raya yang dilakukan pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IV, Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I.

Saya, kata Ipung, selaku pengemudi truk mengakui kondisi ruas Jalintim Jambi sudah cukup siap untuk menghadapi tingginya volemen kendaraan yang melintas saat arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini.

Kepala BPJN Wilayah IV Junaidi yang dihubungi melalui ponselnya membenarkan ada dua titik di Jalintim Jambi yang mengalami kerusakan tidak parah. “Kerusakan jalan itu sedang ditangani perbaikan, sehingga nantinya dijamin Jalintim jambi tetap aman untuk dilalui,” kata Junaidi.

Selanjutnya, Junaidi juga mengatakan, di beberapa titik yang kondisinya sekarang berlubang, Ia pastikan, dalam menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri Jalintim sudah dalam kondisi mulus. (sal/pon/wyu)

 

Print Friendly, PDF & Email