Ini Pesan Gubernur Zola, Maksimalkan Target Pembangunan Infrastruktur 2018

0
116
Gubernur Jambi Zola Zola Zulkifli ketika meninjau pembangunan pelebaran ruas jalan akses Bandara Sultan Thaha yang dibiayai APBD Jambi tahun 2017. poto/fri

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli secara tegas berpesan (mengingatkan-red), supaya seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat memaksimalkan target pencapaian pembangunan diseluruh sektor yang menjadi tanggung jawabnya, termasuk pembangunan infrastruktur yang dititik beratkan dapat mendorong peningkatan perekonomian rakyat menuju JAMBI TUNTAS 2021.

Seperti dikatakan Zola, apa yang dipesannya itu kepada seluruh pejabat OPD bertujuan mewujudkan dan peningkatan daya saing daerah Provinsi Jambi dengan tercapainya target pembangunan di segala sektor yang semakin terfokus di tahun 2018 ini.

Akses jalan Sungai Bahar yang dibangun regid beton tahun 2017, tampak proyek ini saat ditinjau Gubernur Zola. Poto/pon

Pembangunan sektor infrastruktur, kata Gubernur Zola, sektor infrastruktur sangat menentukan kemajuan suatu daerah maupun Negara. Untuk itu, sebagai OPD yang tugas pokoknya bertanggungjawab membangun infrastruktur, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU/PERA) Jambi, diinstruksikan untuk dapat mencapai target kerja yang terprogram secara jelas dan nyata.

“Saya harapkan, tidak saja sektor pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan Dinas PU/PERA, tetapi sektor lain di OPD yang lain juga sama supaya dapat mencapai target kerja nyata dalam membangun Provinsi Jambi menuju JAMBI TUNTAS 2021,” demikian kata Gubernur Zola sesuai press release yang dikirimkan Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Jambi kepada redaksi www. brandanews.co.id, Rabu (10/1-2018).

Menurut Zola, Ia tidak ingin adanya sekecil apapun kegagalan dalam mewujudkan pembangunan di era kepemimpinannya, termasuk terhadap sektor pembangunan infrastruktur yang memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong percepatan peningkatan ekonomi rakyat.

Pembangunan saluran drainase di kawasan Beringin, Kota Jambi yang dibangun tahun 2017 juga tidak luput dari peninjauan Gubernur Zola. Poto/fri

Dan ini mampu dibuktikan, terang Zola, dalam tahun 2017, Dinas PU/PERA Jambi telah merampungkan 96, 49 persen pekerjaan (realisasi fisik), dan selanjutnya tahun 2018, target pencapaian itu harus dapat ditingkatkan seperti harapan dirinya dan rakyat Jambi.

“Realisasi Dinas PU/PERA Jambi berhasil mencapai target sesuai komitmen termasuk juga di masing – masing OPD lainnya yang sudah merealisasikan pekerjaannya diatas rata – rata 95 persen pada akhir tahun 2017 lalu,” demikian kata Gubernur Zola.

Ia juga (Gubernur Zola-red) menuturkan dalam keterangannya, pencapaian target realisasi pekerjaan pembangunan di seluruh OPD sangat penting dan menentukan karena turut berkontribusi mengerakan perekonomian

masyarakat dan daerah, dimana Government Expenditure (belanja pemerintah) berperan penting terhadap geliat perekonomian di tengah masyarakat dan daerah Provinsi Jambi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PU/PERA Jambi Tetap Sinulingga ketika menjelaskan langkahnya mewujudkan pembangunan infrastruktur tahun 2018, dan hasil yang sudah dicapai tahun 2017 kepada reporter brandanews.co.id, belum lama ini. Poto/fri

“OPD yang mendapatkan alokasi anggaran paling besar di Pemerintah Provinsi Jambi, realisasi pekerjaan dan anggaran Dinas PU/PERA Jambi sangat dirasakan bermanfaat bagi masyarakat Jambi. Dan tidak hanya itu, pembangunan yang dilaksanakan Dinas PU/PERA Jambi di sektor infratsruktur, baik jalan, jembatan jaringan irigasi maupun perumahan, dan pembangunan infratsruktur lainnya sangat vital, sangat mendukung terhadap aktivitas masyarakat, serta juga menjadi kebutuhan yang harus dibenahi guna menopang kemajuan dan daya saing daerah ini,” ujar Zola.

Secara terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PU/PERA Jambi Ir Tetap Sinulingga dalam keterangannya mengungkapkan, tahun 2017, dari total anggaran yang dialokasikan ke OPD yang dipimpinnya mencapai Rp 821, 69 miliar, dari target yang direncanakan 95 persen hasil pencapainnya ternyata berada di level 96,49 persen.

Pencapaian target itu, dijelaskan Tetap Sinulingga, realisasi tahun 2017, pekerjaan fisik Sekretariat 97, 33 persen, Sumber Daya Air (SDA) 99, 45 persen, Bina Marga 96, 07 persen, Cipta Karya 99, 63 persen, Perumahan 100 persen, Balai Pengujian 100 persen, Balai Peralatan dan Perbekalan 96, 23 persen, dan Bina Konstruksi dan Pengendalian 97, 60 persen.

Sedangkan menghadapi pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan Dinas PU/PERA Jambi tahun 2018, dikatakan Tetap Sinulingga, pihaknya akan terus bekerja keras mewujudkan program pembangunan JAMBI TUNTAS menuju 2021, tidak saja berupaya meningkatkan pencapaian target pembangunan diatas dari hasil kerja tahun 2017, tetapi lebih dari itu pihaknya tetap mengedepankan pengawasan ekstra dari hasil pekerjaan pembangunan yang dilaksanakan tahun ini. (noer faisal/adv)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Verifikasi Bukan Robot *