Ir Bernhard Panjaitan Heboh Bakal Jabat PU/PERA Jambi, Ini Kata Cornelis Buston: Ia Memiliki Kemampuan …..

0
1724
Ir Bernhard Panjaitan MM tampak terlihat memiliki kedekatan ketika menjabat Kadis PU/PERA Jambi dengan Menteri PU/PERA DR. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M. Sc. poto/ist
BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, Cornelis Buston kepada reporter brandanews.co.id, Senin (14/8-2017) mengatakan, hampir mencapai Rp 800 miliar anggaran belanja modal di Dinas Pekerjaan Umum/Perumahan Rakyat (PU/PERA) tahun 2017 yang belum terserap.
 
Artinya, dikatakan Cornelis, dalam waktu tinggal empat bulan ke depan efektifnya, anggaran itu setiap bulannya mesti terserap Rp 200 miliar. “Karena ini menyangkut biaya modal pembangunan fisik sehingga berkemungkinan sulit dapat terserap seluruhnya mengingat waktunya yang sudah semangkin terjepit,” kata Cornelis.
 
Menurut Cornelis, laporan terakhir bulan lalu penyerapan anggaran di Dinas PU/PERA baru mencapai 19 persen, kondisi inilah yang harus dikejar ketertinggalannya oleh pejabat yang baru dilantik Gubernur Jambi Zumi Zola di instansi tersebut.
 
“Sebagai pejabat baru walaupun dari mereka itu sebelumnya juga menduduki jabatan tersebut dan belakangan dicopot, tentunya tidaklah mudah mengejar ketertinggalan karena posisi penyerapan anggaran itu baru sekitar 19 Persen, sedangkan sekarang sudah memasuki Agustus 2017,” ungkapnya.
 
Namun walaupun demikian, sikap Gubernur Jambi Zumi Zola kembali menarik sejumlah pejabat di Dinas PU/PERA keposisi sebelumnya, dikatakan Cornelis hal itu merupakan langkah yang tepat mengingat pejabat – pejabat tersebut memiliki kemampuan dibidangnya.
 
“Sudah tepat, dan tentunya harapan penyerapan anggaran itu dapat dicapai tidak jauh merosot dibandingkan tahun anggaran sebelumnya,” ujarnya.
 
Selanjutnya, terkait mencuatnya nama Ir Bernhard Panjaitan yang disebut – sebut bakal kembali menjabat Kepala Dinas PU/PERA Jambi, diakui Cornelis, tentu hal itu merupakan hak prerogratif Gubernur Zola. “Kalau Gubernur Zola mengingikan Ir Bernhard Panjaitan kembali menduduki jabatannya kembali, tentu bisa saja   hal itu dilakukan walaupun pejabat yang bersangkutan sekarang ini telah kembali berstatus pegawai negeri di Kementerian PU/PERA,” terangnya.
 
Hanya saja, kata Cornelis, mungkin agak sedikit repot terlebih lagi Ir Bernhard Panjaitan sudah menduduki jabatan strategis di Kementerian PU/PERA. “Ya, tergantung apa yang bersangkutan mau, kalau bersedia dan itu dilakukan Gubernur Zola mengapa tidak,” terangnya.
 
Disebutkan Cornelis Buston, untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi, sosok Ir Bernhard Panjaitan sangat dibutuhkan daerah ini, tidak saja karena Ia memiliki kemampuan untuk mendorong masuknya anggaran dari Pemerintah Pusat, disisi lain kinerjanya selama memimpin Dinas PU/PERA Jambi sebelumnya juga cukup baik dan berkualitas.
 
Kalau ditanya pendapat saya pribadi, dikatakan politisi senior Partai Demokrat (PD) Jambi, Coernelis Buston, Ia merespon positif kalau pejabat yang bersangkutan ditempatkan kembali memimpin Dinas PU/PERA Jambi tersebut, terlebih lagi dalam kondisi sekarang dimana instansi tersebut harus mengejar ketertinggalannya seperti dalam penyerapan anggaran yang ada.
 
“Wajar kalau semua pihak menilai Jambi akan mengalami kegagalan dalam pembangunan infrastrukturnya, sebab jangankan diharapkan dapat menambah anggaran pembangunan sementara untuk menyerap anggaran yang sudah tersedia saja tidak mampu dilakukan,” ungkap Cornelis Buston. (sal/tok/pon)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Verifikasi Bukan Robot *