Kera Manusia Kera

Manusia itu berakal, dan pastinya juga tak dipungkiri manusia pandai mengakali karena berakal. Bagaimana dengan kera ? Pasti ada suatu kemiripan, dan bedanya kera tak mampu untuk mengakali apalagi memfitnah.

Beberapa hari lalu, salah satu stasiun televisi swasta menanyangkan film yang menceritakan seekor kera bermain olah raga hocky. Tetapi, kera itu bukan bermain sesama kaumnya sebangsa kera, justru kera yang diberinama  Jack dengan nomor punggung 9 ½ justru bermain bersama manusia.

Awal dalam cerita itu, Jack sang kera mendapat protes dari manusia yang ada dikesebelasannya. Alasannya, pastinya Jack bukan manusia dan karena itu manusia tak pantas bermain bersama kera. Lantas, sang pelatih hocky pun diserang pemainnya sendiri dan protes tak main jika kera itu dimainkan dalam pertandingan.

Alhasil, Jack, dipaksa duduk dibangku cadangan karena protes manusia yang ada disekelilingnya. Ternyata, kesebelasan Jack menghadapi kekalahan dalam skoor sehingga pemilik kesebelasan meminta pelatih untuk memainkan Jack dalam pertandingan itu dengan nada setengah memaksa kepada pelatih.

Disaat itulah, sang kera bernama Jack mendapat kesempatan bermain, dan semua manusia yang ada tidak terkecuali penonton menganggap kera itu akan membuat kekalahan semakin parah. Nyatanya apa ? Jack dengan kostum bernomor 9 ½ nya itu, justru bermain hocky nya lebih hebat dari manusia, dan kelemahannya Jack tidak memiliki kemampuan untuk mengakali atau memfitnah manusia itu.

Kenyataan itu akhirnya, sehingga Jack terpaksa harus dikeluarkan dalam permainan, dengan fitnah karena menggigit salah seorang pemain lawan yang sebenarnya gigitan itu dilakukan oleh manusia yang terkalahkan kera dalam bermain hocky.

Itulah manusia, ketika menghadapi kekalahan, akal yang digunakan mestinya untuk perbuatan terpuji justru dilakukan dengan mengakali yang bersifat fitnah, sedangkan kera yang difitnah hanya tersenyum dan menggelengkan kepalanya karena tak melakukan gigitan kepada manusia.

Sekarang, masih mau menjadi manusia atau justru ingin berprilaku seperti jack sang kera yang unggul bermain hocky, dan terkalahkan dengan fitnahnya manusia itu.(*)

Noer Faisal
Pemimpin Redaksi

Print Friendly, PDF & Email