KPK Tahan 3 Tersangka Suap Anggota DPRD Jambi, dan 1 Pengusaha, Tangan Diborgol

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (18/7-2019), langsung melakukan penahanan terhadap 3 Anggota DPRD Jambi, dan 1 pengusaha, terkait kasus suap pengesahaan RAPBD Jambi tahun 2018, dengan tangan diborgol.

Ketiga Anggota DPRD Jambi yang ditahan KPK setelah dilakukan pemeriksaan di Gedung KPK itu, Effendi Hatta (Anggota DPRD Jambi dari Partai Demokrat), Zainal Abidin (Anggota DPRD Jambi dari Partai Demokrat), Muhammadiyah (Anggota DPRD Jambi dari Partai Gerindra), dan Asiang (pengusaha jasa konstruksi).

Kepala Biro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Jakarta mengungkapkan, penahanan terhadap 4 tersangka, tiga diantaranya merupakan Anggota DPRD Jambi, dan seorang tersangka yang merupakan pengusaha itu dilakukan penahanan untuk 20 hari pertama pemeriksaan.

“Ya, KPK melakukan penahanan untuk 20 hari ke depan,” katanya.

Keterangan lain yang juga berhasil dihimpun, KPK menduga para tersangka tersangkut penerimaan suap antara Rp 400 – 700 Juta/fraksi, atau antara Rp 100 –  200 Juta/orang.

“Uang itu merupakan suap untuk memuluskan pengesahaan RAPBD Jambi tahun 2017, senilai Rp 12,9 miliar, sedangkan suap untuk RAPBD Jambi tahun 2018 sebesar Rp 3,4 miliar, dan uang suap itu berasal dari Asing.

Terkait kasus suap itu, terdapat 9 Anggota DPRD Jambi lainnya yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK, dan sekarang masih menunggu proses hukum selanjutnya, demikian reporterbrandanews.co.id melaporkan. (wahyuputra/jul/sal)

Print Friendly, PDF & Email