KPU Kota Jambi Berikan Waktu Tiga Hari

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Keputusan hasil Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara berlansung sejak pukul 09.00 WIB sampai pukul 15.30 WIB di Hotel Golden Harvest Jambi, Rabu (4/7-2018).

Ketua KPU Kota Jambi Wein Arifin dalam keterangannya mengatakan,  dari keputusan Rapat Pleno tersebut, pasangan nomor urut 2 Syarif Fasha-Maulana dinyatakan unggul dari pasangan nomor urut 1 Sani-Izi.

Hasil perhitungan tersebut telah menetapkan pasangan calon walikota dan wakil walikota Jambi Abdullah Sani-Kemas alfarizi memperoleh suara sebanyak 117.435 sedangkan nomor urut 2 Syarif Fasha-Maulana memperoleh 147.652 suara dari total suara sah keseluruhan berjumlah 265.087 suara.

Dalam keterangannya Ketua KPU Kota Jambi, Wein Arifin, mengatakan, setelah Surat Keputusan (SK) penetapan hasil rekapitulasi ini ditandatangani, maka selanjutnya akan diserahkan kepada masing-masing saksi paslon Walikota dan wakil walikota jambi dan kepada pihak Panwaslu Kota Jambi

Wein menyebutkan ” Setelah adanya hasil penetapan ini, maka KPU Kota Kambi memberikan waktu tiga hari kedepan untuk masa registrasi jika ada sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan,” sebut Wein.

Wein,juga mengungkapkan perselisihan hasil pemilihan ini dilakukan oleh pihak yang merasa bahwa proses dan hasil ini tidak memuaskan. “Maka masing-masing paslon dapat mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dalam waktu tiga hari ke depan,” untuk menggugat.

Dan dalam jangka waktu yang telah diberikan,Jika selama tiga hari ke depan tidak ada gugatan, maka secepatnya kami akan mengundang sejumlah pihak untuk menetapkan Paslon Walikota dan Wakil Walikota terpilih.

“Dan, jika ada masukan gugatan yang dibuktikan dengan registrasi yang diumumkan oleh MK secara nasional, maka pleno penetapan Paslon terpilih dilakukan setelah proses sidang,” tutup Ketua KPU Kota Jambi. (wan)

 

Print Friendly, PDF & Email