Naik Status, Polda Jambi Tipe A

POLISI Daerah (Polda) Jambi mengalami kenaikan status dari sebelumnya hanya bertipe B sekarang menjadi Polda Jambi dengan status Tipe A.

Dan selanjutnya, kenaikan status terhadap Polda Jambi itu, Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian, Jumat (13/7-2018), melantik kenaikan pangkat Kapolda Jambi Brigjen Pol Muchlis AS menjadi Inspektur Jenderal Polisi (Inrjen Pol).

Tidak hanya itu, Kapolri Tito Karnavian pada saat itu juga melantik kenaikan pangkat Wakapolda Jambi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ahmad Haydar menjadi Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol). Artinya, kenaikan status Polda Jambi menjadi Tipe A dan kenaikan kedua pimpinan Polda Jambi itu harus diakui dan pantas mendapatkan apresiasi.

Apalagi, keberhasilan kenaikan status Polda Jambi yang sebelumnya Tipe B menjadi Tipe A, terwujud disaat Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS itu merupakan putra daerah. Pasti, ini sebuah keberhasilan yang luar biasa.

Sekarang, di tengah mencuatnya berbagai keberhasilan dilingkungan pihak kepolisian Polda Jambi, sikap nyata harus pula ditunjukan dengan langkah dan upaya memberantas seluruh bentuk kejahatan yang belakangan ini trend kejahatan itu mengalami peningkatan secara nyata.

Seperti contoh, kejahatan illegal logging, kejahatan penambangan emas tanpa izin, kejahatan penyelundupan, kejahatan perjudian seperti toto gelap (togel), kejahatan korupsi, kejahatan narkoba, kejahatan minuman keras illegal, dan sejumlah kejahatan lain.

Karena itu, di tengah kenaikan status Polda Jambi dan kenaikan pangkat terhadap kedua pimpinan di Polda Jambi, tidak justru menjadi hanyut yang akhirnya kejahatan – kejahatan terus berlangsung.

Dan untuk itu, masyarakat Jambi menunggu sikap tegas pihak kepolisian Polda Jambi yang sekarang mendapat apresiasi yang besar dari masyarakat Jambi untuk melakukan penindakan tegas secara nyata pula. (***)

Print Friendly, PDF & Email