Parpol Pengusung Calon Incumbent Sy Fasha, Ini Kata Nasroel: Masih Sebatas Bibir…

0
153
BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Direktur Forum Jambi Bangkit (FJB) yang juga merupakan barisan pemenangan calon incumbent Sy Fasha di Pilwako 2018, Nasroel Yasier kepada reporter brandanews.co.id, Kamis (17/8-2017) mengungkapkan, dukungan yang diungkapkan para ketua parpol terhadap calon petahana masih sebatas bibir.
 
“Kalau nanti parpol sudah memutuskan mengusung calon incumbent Sy Fasha melalui surat keputusan resminya barulah bisa diyakini. Namun sekarang, kalaupun sejumlah ketua parpol menganggap Sy Fasha layak diusung parpol yang dipimpinnya, karena dinilai dari berbagai keberhasilan yang dilaksanakan selama ini hal itu belum memiliki suatu jaminan karena katanya politik itu dinamis, sehingga bisa saja terjadi dan bisa saja berubah,” ungkap Nasroel.
 
Saat ditanya soal sikap Ketua DPD Partai Demokrat (PD) Provinsi Jambi Burhanuddin Mahir yang menilai Walikota Jambi Sy Fasha cukup berhasil membangun daerah ini, seperti disampaikan saat pengembalian formulir pendaftaran di parpol berlambang bintang mercy itu, dikatakan Nasroel, penilaian itu bukanlah secara otomatis Partai Demokrat langsung memutuskan mengusung Sy Fasha.
 
“Tentu tidak seperti itu, proses berbagai tahapan mesti dilalui karena bagaimanapun nantinya keputusan parpol tersebut akan mengusung kandidat yang mana dalam penjaringannya, diputuskan melalui rapat internal di DPP PD, dan bukanlah keputusan Ketua DPD PD Jambi,” kata Nasroel.
 
Selanjutnya, kata Nasroel, begitunya dengan Partai Gerindra, tentu belum juga ada suatu jaminan yang bisa dianggap final apakah partai itu akan mengusung Sy Fasha atau justru nantinya mengusung kandidat lain yang juga masuk dalam penjaringannya. Hanya yang lebih berkemungkinan Partai Golkar, selain dikarenakan Sy Fasha kader murni parpol berlambang pohon beringin rindang itu, lewat para Ketua Partai Golkar di daerah ini sudah memutuskan akan mengusung Sy Fasha.
 
“Kalau Partai Golkar berkemungkinan bisa diyakini akan mengusung Sy Fasha sebagai calon Walikota Jambi periode 2018 – 2023, selain Ia kader murni juga diperkuat dengan keputusan para Ketua DPD I Jambi  dan DPD II Partai Golkar Kota Jambi, sedangkan parpol lain keputusannya masih dianggap hanya sebatas bibir karena belum ada keputusan resmi,” ungkapnya.
 
Kondisi serupa, kata Nasroel, juga dialami kendidat lain yang juga belum bisa dipastikan parpol itu mengusung mereka. Kalau belum ada Surat Keputusan (SK) DPP Parpol, gembar – gembor dukungan yang berkembang sekarang ini sama bisa diartikan masih sebatas bibir.
 
“Kepastiannya nanti kalau SK itu sudah diterbitkan DPP Parpol barulah keputusan mengsung kepada salah satu kandidat dapat diyakini,” terangnya.
 
Sementara itu, untuk diketahui dari 45 kursi di DPRD Kota Jambi hasil Pemilu Legislatif 2014 lalu, Partai Demokrat 8 kursi, disusul PDIP 6 kursi, Gerindra 5 kursi, Hanura 5 kursi, PAN 5 kursi, PKB 4 kursi, Golkar 4 kursi, PPP 4 kursi, PBB 1 kursi, PKS 1 kursi PKPI 1 kursi dan NasDem 1 kursi. (sal/jul/pon)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Verifikasi Bukan Robot *