Pemerintah Didesak Bongkar Gedung WTC

0
1697
Tampak terlihat pondasi penyangga Gedung WTC berada dalam aliran sungai. Foto: Doc Brandanews.co.id

BRANDANEWS.CO.ID –  Pemerintah Provinsi Jambi maupun Pemerintah Kota Jambi didesak untuk segera membongkar gedung pusat perbelanjaan modern Wiltop Trade Centre (WTC) yang dibangun di tepian Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari.

Pasalnya, seperti diungkapkan Koordinator Perkumpulan Hijau, Feri Irawan, gedung yang dibangun di era Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin selain menyalahi tata ruang, ada beberapa pelanggaran lain tidak saja menyangkut amdal tetapi keberadaan gedung itu juga mengancam abrasi dan sistim aliran sungai.

Pemberian ijin yang dilakukan pemerintah daerah terkait kepentingan pembangunan gedung pusat perbelanjaan WTC itu, dikatakan Feri Irawan, sejak awal sudah salah kaprah. Buktinya terlihat sekarang, seperti contohnya tiang pondasi penyangga gedung bertingkat itu sudah masuk ke dalam aliran sungai.

Akibat kondisi itu, secara otomatis mengakibatkan sistim kerja aliran sungai menjadi terganggu yang akhirnya memicu terjadinya abrasi sungai, dan beberapa waktu lalu terjadi gedung ruko yang dibangun di daerah itu mengalami ambruk secara mendadak.

“Jelas ini sangatlah membahayakan, dan bukan tidak mungkin kondisi seperti juga menghantam gedung pusat perbelanjaan yang sering dikunjungi warga masyarakat,” terang Feri kepada reporter brandanews.co.id, Minggu (4/6-2017).

Selanjutnya, aktivis lingkungan Fery Irawan juga mengungkapkan, keberadaan gedung WTC itu sudah lama dicurigai melakukan pembuangan limbahnya langsung ke aliran DAS Batanghari. Tetapi anehnya, Pemerintah Provinsi Jambi maupun Pemerintah Kota Jambi belum juga mengambil tindakan tegas.

Kita berharap, kata Fery Irawan, demi untuk menyelamatkan DAS Batanghari, sudah sepatutnya gedung itu dibongkar dan selanjutnya dijadikan lokasi penghijauan yang pastinya jauh lebih bermanfaat bagi warga masyarakat. Apalagi, gedung itu dibangun telah menyalahi tata ruang dan amdal.

“ Mungkin ada ratusan tiang pondasi penyangga gedung WTC berada masuk ke dalam aliran DAS Batanghari, dan kondisi ini menyebabkan sistim aliran sungai menjadi terganggu kerena mempercepat terjadinya abrasi di sungai tersebut,” kata Feri Irawan. (sal/fik)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Verifikasi Bukan Robot *