Pemerintah Siap Mediasi PT.WKS dan Serikat Mandiri Batanghari

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi –  Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Drs.H.M.Dianto menyatakan bahwa pemerintah Provinsi melalui tim terpadu siap memediasi   PT WKS dengan Serikat Mandiri Batanghari(SMB) untuk menyelesaikan konflik lahan yang selama ini terjadi.

Pernyataan ini disampaikan saat menghadiri rapat bersama Forkompimda Provinsi dan Kabupaten, yang dihadiri oleh PT WKS dan perwakilan SMB,Dinas /instansi terkait. Pertemuan dilaksanakan di ruang pola kantor Bupati Batanghari,Senin (1/10).Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Batanghari Syahirsah,Kapolda Jambi Irjen. Pol. Drs. Muchlis A.S.M.H, Wakapolda Jambi Kombes Pol Ahmad Haydar,Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston.

Sekda menjelaskan bahwa pertemuan ini dilaksanakan untuk mencari solusi yang diberikan oleh pemerintah daerah terkait dengan pertikaian antara PT.WKS dengan Serikat Mandiri Batanghari.

“Hari ini Bapak Bupati Batanghari  memimpin rapat dengan kedua belah pihak dan kita bersyukur semua pihak bersedia untuk hadir, mulai hari ini kita mulai dari titik nol ini ke depan dan peluang untuk menyelesaikan konflik .Kemarin kita sudah ikut mendatangi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan ada peluang yang diberikan bagaimana kita memecahkan kebuntuan yang kita hadapi ini dan mudah-mudahan dari kelompok SMB nya nanti juga setuju dan sependapat kalau ini nanti Tim terpadu provinsi juga akan mengupayakan penyelesaian masalah konflik ini, kita tidak mau juga perlu larut dan juga kita berharap di tahun politik ini ,ke depan sudah ada pileg Pilpres ini kan nanti kalau ini Aman, suasana kondusif kita menghadapi Pileg dan Pilpres ini pun terjaga dan menjadi suasana yang aman tertib dan aman itu Harapan kita”ujar Sekda

Sementara itu Kapolda Jambi Irjen. Pol. Drs. Muchlis A.S.M.H menyatakab bahwa beberapa hari yang lalu sudah berusaha untuk membuka jalur komunikasi.” Selama ini  akan sulit bagi pemerintah daerah untuk menyelesaikan permasalahan karena antara PT.WKS ,SMB dengan pemerintah tidak ada titik temu. Jadi kemarin saya sudah bertemu dengan SMB saya ajak beliau bicara dari hati ke hati, mari kita kita robah pola pendekatan dengan menggunakan kekuatan kekerasan kita masuk ke dalam pola mencari solusi ataupun memberikan kesempatan kepada para pihak untuk bermediasi yang kita lakukan hari ini sangat positif semua pihak bisa membuka diri sebaik-baik pemecahan persoalan adalah dengan cara komunikasi berdiskusi memberikan solusi terhadap semua soal yang kita harapkan ada win win Solution”ujar Kapolda.(wahyu/humas pemprov jambi)

 

Print Friendly, PDF & Email