PENERAPAN TEKNOLOGI PRODUFER@PLUS OLEH TIM FAKULTAS PETERNAKAN UNJA

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Sebagai salah satu perguruan tinggi yang ada di provinsi Jambi, tentunya sudah menjadi tanggung jawab bersama dalam memajukan masyarakat Jambi. oleh karena itu Tim pengabdian Fakultas Peternakan Universitas Jambi melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat pada salah satu desa Binaan LPPM Unja yaitu kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kegiatan ini dilakukan oleh Dr. Ir. Yurleni, MSi, Prof. Dr. Ir Adriani, MSi dan Dr. Ir. Mairizal MP. Dengan judul “ Teknologi Penerapan Pakan Ruminansia Menggunakan Produfer@Plus Di Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Kegiatan pengabdian ini didanai oleh LPPM Universitas Jambi tahun anggaran 2019.

Kegiatan pengabdian ini untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh para peternak dalam penyediaan pakan baik secara kuantitas maupun kualitas. Hasil diskusi dan wawancara yang dilakukan dengan kelompok tani, maka disekapati bahwa kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah transfer teknologi pengolahan pakan menggunakan Produfer@plus. Ini untuk menjawab permasalahan yang dihadapi kelompok tani dalam memelihara ternak ruminansia yaitu kurang ketersedianya pakan berkualitas dan hijauan tidak tersedia secara terus menerus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sudah dilakukan upaya meningkatkan pengetahuan peternak dengan cara penyuluhan, praktek lapangan dan transper teknologi dari hasil penelitian kepada kelompok masyarakat dengan penggunaan starter fermentasi Produfer@Plus, serta melengkapi peralatan penunjang untuk mengolah pakan (chopper).

Metode pendekatan yang dilakukan tim pengabdian ini adalah tranfsfer teknologi tepat guna ini berupa penyuluhan, pelatihan, praktek pembuatan pakan dengan cara fermentasi menggunakan starter Produfer@Plus, pendampingan dan monitoring serta evaluasi hasil kegiatan pengebdian kepada masyarakat yang telah dilakukan.

Kegiatan penyuluhan serta praktek pembuatan pakan komplit fermentasi diikuti oleh anggota kelompok tani mitra 1 dan 2, PPL dan mahasiswa, Tujuannya untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok tani mitra dalam menerapkan teknik pengolahan dan pengawetan pakan ternak, sehingga dapat menjamin ketersediaan pakan secara kontinu dan berkualitas, meningkatkan produktivitas ternak sapi berkelanjutan. Konsep teknologi pengolahan pakan ini merupakan konsep pengolahan pakan yang mudah, murah dan sederhana sehingga dapat diterapkan dengan memanfaatkan sumber pakan yang terdapat di daerah tersebut baik berupa sumber hijauan yang berasal dari rumput dan legume, limbah perkebunan berupa pelepah sawit, pelepah pinang, kulit kopi dan limbah pertanian yaitu jerami padi dan dedak menjadi pakan fermentasi.

Untuk menjamin teknologi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh kelompok tani, dan tingkat pengetahuan serta keterampilan kelompok tani meningkat, maka dilakukan praktek pengolahan pakan dari limbah kelapa sawit, kopi menggunakan produfe@plus, dan cara pemberian pakan fermentasi kepada ternak. Semoga kegiatan memberi manfaat untuk semua. (Dr. Ir. Yurleni, MSi)

Print Friendly, PDF & Email