Pengemudi Truk Mengaku Tidak Ada Pungli di Sepanjang Ruas Jalintim

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi –  Pungutan liar (Pungli) di sepanjang ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, sejak beberapa bulan terahir tidak ditemukan lagi.

“Kalau biasanya pungli, tidak saja dilakukan oknum polisi, oknum petugas DLLAJR, dan oknum petugas lainnya, selalu bikin resah pengemudi. Tetapi sekarang, pungli itu sudah tidak ada lagi,” demikian dikatakan sejumlah pengemudi truk.

Disepanjang ruas Jalan Lintas Timur (Jalantim) Sumatera sudah terbebas dari pungutan liar. Poto/wahyu

Ipung (47), misalnya, pengemudi truk tronton bermuatan sayur mayur yang dijumpai reporterbrandanews.co.id, belum lama ini di perbatasan Jalintim Jambi – Riau mengungkapkan, sejak beberapa bulan terahir pungli di sepanjang Jalintim, mulai dari Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumetera Selatan, Lampung, hingga Jakarta, sudah tidak ada lagi.

“Tidak ada pungli di sepanjang ruas Jalintim Sumatera. Tetapi, kalau sebelumnya jangan ditanya hampir disetiap sudut jalan ada saja oknum petugas yang nakal meminta duit dengan pengemudi khususnya truk dengan berbagai alasan,” kata Ipung.

Sekarang ini, kata Ipung, pengemudi truk seperti dirinya sudah lega karena pungli sudah tidak ada lagi. “Jangan heran, terkadang uang makan harus dikorbankan untuk membayar pungli oknum petugas nakal itu, tetapi sekarang sudah tidak ada lagi,” ujarnya, sembari mengatakan sayur mayur yang diangkutnya itu berasal dari Sumatera Utara.

Hal senada, M Tambunan, pengemudi truk tronton bermuatan barang kelontongan itu mengungkapkan seperti diakuinya, tidak ada lagi pungli yang dilakukan oknum petugas di sepanjang Jalintim seperti yang sudah – sudah.

“Kalau biasanya, pungli paling parah terjadi di Lampung, Sumetara Selatan, tetapi sekarang sudah tidak ditemukan lagi,” kata M Tambunan, saat dijumpai di perbatasan Jalintim Jambi – Sumatera Selatan, belum lama ini.

Kita tidak tau, oknum pelaku pungli itu mendadak hilang, mungkin kalau oknum itu seorang polisi, bisa jadi takut sama pak Kapolri Tito Karnavian yang dikenal tegas terhadap anggota polisi yang nakal.

“Sejak tidak ada lagi pungli dijalanan, dirinyapun merasa lega karena biaya perjalannnya bisa digunakan untuk keperluan lain ,” kata M Tambunan, dan selanjutnya mengatakan barang kelontongan yang bibawanya itu berasal dari Jakarta tujuan Jambi. (sal/pon/wyu)

Print Friendly, PDF & Email