Personel Wanita Bakamla Hidup Sehat Cegah Kanker Serviks

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi –  Ketua Darma Wanita Pusat (DWP) Bakamla RI Ny. Nani Taufiqurrahman bersama jajaran pengurus DWP dan puluhan personel wanita Bakamla mengikuti sosialisasi pencegahan kanker serviks di kantor Bakamla Gedung Perintis Kemerdekaan, Jalan Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).

Kegiatan yang digelar oleh Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bakamla bekerjasama dengan PT. Asuransi Jiwa Sequis Life ini adalah dalam rangka memberikan layanan informasi kesehatan yang memadai kepada pegawai wanita dan DWP Bakamla. Penyuluhan seputar kesehatan wanita terkait kanker serviks ini dibawakan dengan menarik oleh dr.Dian Burhansah,SP OG, M.Kes, FMAS dari Rumah Sakit Awal Bros Bekasi timur.

Dijelaskannya, kanker serviks merupakan salah satu kanker yang paling umum mengenai organ reproduksi wanita. Beberapa jenis human papilloma virus, suatu infeksi menular seksual, mempunyai peran penting dalam kebanyakan kasus kanker serviks. Kanker leher rahim (kanker serviks) adalah kanker yang terjadi pada serviks uterus, suatu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara uterus (rahim) dengan liang vagina.

Untuk pencegahan sekunder terhadap kanker serviks disarankannya agar para wanita rajin melakukan screaning dan papsmear. Ada beberapa tips sehat untuk mencegah kanker serviks, katanya pula, antara lain dengan rajin menjaga organ kewanitaan, menghindari pembalut yang mempunyai kualitas rendah, vaksin anti kanker serviks serta deteksi organ intim secara dini dan berkala.

Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan pegawai wanita Bakamla serta ibu-ibu DWP dapat lebih teredukasi, dapat menerapkan cara hidup sehat yang lebih baik, serta dapat meneruskan pengetahuan tentang kanker serviks yang diperolehnya kepada keluarga terdekat serta lingkungan. (sal/bakamla)

Print Friendly, PDF & Email