PJN Wilayah II Jambi Terus Benahi Akses Jalan Sungai Penuh – Letter W – Sungai Penuh Batas Tapan

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Akses jalan yang menghubungkan Sungai Penuh – Letter W dan Sungai Penuh – Batas Tapan, terus dilakukan perbaikan, termasuk penanganan di titik longsor yang menghubungkan Provinsi Jambi – Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Jambi, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah IV Jambi – Kepulaun Riau (Kepri), Hendri Jamal dalam keterangannya kepada reporterbrandanews.co.id di ruang kerjanya kemarin mengatakan, pihaknya terus berkonsentrasi melaksanakan perbaikan di kedua ruas jalan tersebut.

Seperti dikatakannya, sejak tahun 2017 lalu, PJN Wilayah II, terang Hendri Jamal, telah melaksanakan pengerjaan di titik longsor yang terjadi di ruas jalan yang menghubungkan Sungai Penuh – Sanggaran Agung – Batas Tapan, seperti di STA 8, STA 21 dan STA 22.

“ Tiga titik longsor di ruas jalan itu sudah ditangani termasuk sudah dilaksanakan pembangunan badan jalan regid beton, termasuk dilaksanakannya pelebaran badan jalan di daerah itu,” terang Hendri.

Sedangkan di tahun 2018, kata Hendri, PJN Wilayah II sedang melaksanakan pembangunan di ruas jalan sepanjang 67 kilometer, seperti STA 17, STA 21 dan STA 35, sedangkan untuk penanganan di titik longsor itu dialokasikan  APBN sebesar Rp 12 miliar.

Selanjutnya, Kasatker PJN Wilayah II Jambi Hendri Jamal mengatakan, khusus penanganan yang dilaksanakan di ruas jalan yang menghubungkan Sungai Penuh – Siulak Deras –  Letter W Batas Sumatera Barat, dilaksanakan penanganan terkait kerusakan badan jalan yang anggarannya dialokasi APBN tahun 2018 sebesar Rp 4,2 miliar.

Terkait penanganan di ruas jalan ini, selain dilaksanakan pengerjaan penambalan badan jalan (Patching), kata Hendri, pihaknya juga melaksanakan perbaikan terhadap badan jalan yang mengalami penurunan di beberapa titik.

“Sudah, sudah dilaksanakan yang sekarang dalam proses pengerjaan, dan ini tentunya dari anggaran yang dialokasikan itu target yang kita utamakan supaya akses jalan yang menghubungkan Sungai Penuh – Letter W tetap dapat dilalui kendaraan, termasuk kendaraan berat,” ujarnya.

Menurut Hendri Jamal. Di kedua ruas jalan yang menghubungkan Sungai Penuh – Batas Tapan dan Sungai Penuh – Letter W, merupakan ruas jalan yang sangat penting menghubungkan Jambi – Sumatera Barat, dan karena itu kondisi ruas jalan itu harus tetap terjaga apalagi kedua jalan itu sangatlah strategis termasuk terhadap jalannya roda perekonomian.

Sementara itu, seperti diberitakan sebelumnya, hasil pantauan tim reporter brandanews.co.id, Kamis (26/7-2018) terhadap kedua ruas jalan tersebut dilaporkan, akses jalan yang menghubungkan Sungai Penuh – Batas Tapan dan Sungai Penuh – Letter W, merupakan ruas jalan yang dijadikan pintu masuk untuk mengangkut kebutuhan bahan pokok dari Sumatera Barat, termasuk bahan bakar minyak (BBM) ke Provinsi Jambi. (noerfaisal/wahyu/pono)

 

Print Friendly, PDF & Email