PROGRAM BIMTEK PENGEMBANGAN PASAR, SAH MINTA PARIWISATA JAMBI LIRIK PASAR AUSTRALIA

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) meminta pemerintah dan pelaku pariwisata Jambi mulai melirik pasar Australia, Selandia Baru dan Oseania.

Pernyataan ini disampaikan SAH dalam acara Bimbingan Teknis Pengembangan Pasar Australia, Selandia Baru dan Oseania kepada pelaku pariwisata Jambi (14/8-2019) di Hotel Aston Jambi kemarin.

Pada kesempatan itu Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI itu mengatakan target kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada tahun 2019 mencapai 20 juta wisatawan, dari angka tersebut Jambi berpotensi mengambil market share sebesar 40 ribu wisatawan.

“Market share Jambi masih tergolong kecil, namun jika kita serius hitungan saya kita masih bisa mendapatkan sekitar 40 ribu wisatawan asing, hanya saja menurutnya target tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, sehingga upaya yang dilakukanpun juga harus meningkat,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu SAH juga menjelaskan jika Jambi memiliki potensi wisata yang layak mendunia. Bukan hanya dari wisata alamnya, tapi heritage, budaya, kulinernya juga harus dikembangkan.

“Provinsi Jambi mempunyai potensi yang luar biasa untuk dikembangkan sehingga menjadi tujuan wisata khususnya wisatawan mancanegara. Sebagai contoh adalah banyak wisata gunung dataran tinggi yang belum dipromosikan secara optimal. Adalagi heritage di Candi Muaro Jambi yang juga menjadi target menarik bagi wisatan luar negeri. Semua itu harus dikembangkan dan didukung oleh pemerintah daerah,” katanya.

Dalam acara yang di ikuti Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, 50 peserta yang berasal dari perwakilan BPPD, ASITA, PHRI, Genpi, Pokdarwis dan pelaku usaha pariwisata lainnya ikut hadir. SAH menjelaskan beberapa peluang pemasaran melalui sales mission, famtrip , pameran dan komunikasi digital.

Acara ini dimeriahkan dengan tampilnya anak-anak muda dari komunitas Generasi Pesona Indonesia yang secara volunteer membantu promosi pariwisata melalui media sosial.

Peserta sendiri menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan bimtek pemasaran di Jambi, karena menurut mereka sangat berguna bagi para pelaku pariwisata dan industri dalam rangka mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara di Provinsi Jambi.(wahyuputra/jul/san)

Print Friendly, PDF & Email