RAPAT DENGAN MENAKER, SAH INGATKAN PENTINGNYA GRAND DESIGN KETENAGAKERJAAN INDONESIA

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Fraksi Partai Gerindra DPR RI melalui anggotanya di Komisi IX Sutan Adil Hendra (SAH) meminta Kementerian Ketenagakerjaan menyiapkan desain induk penyiapan kompetensi tenaga kerja yang masif.

Menurutnya hal ini penting dilakukan dalam rangka mengembangkan, meningkatkan kualitas SDM sebagai sumber pertumbuhan ekonomi di masa depan, dan mengurangi kebergantungan pertumbuhan ekonomi kepada sumber daya alam (SDA).

“Masalah SDM itu sangat strategis dan kompleks. Untuk itulah, perlu segera disiapkan grand design-nya agar ke depan tidak lagi bergantung kepada SDA, melainkan melalui sumber daya atau keterampilan SDM,” kata Anggota DPR RI dari Provinsi Jambi tersebut ketika mengikuti Rapat Kerja pertama Komisi IX DPR dengan Menaker Ida Fauziah (4/11-2019) di Jakarta.

Pada kesempatan itu SAH mengatakan pembuatan desain induk (grand design) dalam waktu dekat itu berkaitan dengan alokasi sumber daya. Selama ini, setiap pelatihan kerja, pihaknya memiliki kekurangan alokasi, baik anggaran maupun sumber daya, sebab selama ini alokasi pelatihan banyak terserap di sektor pendidikan. “Padahal, pelatihan itu juga teramat penting memerlukan perhatian mengingat ada jutaan tenaga kerja yang masuk,” ujarnya.

Sehingga dalam hal ini SAH meminta ada ekosistem yang baik untuk mendukung terciptanya desain induk penyiapan kompetensi tenaga kerja di Indonesia, tandasnya.(wyu/win/dik)

Print Friendly, PDF & Email