RESES KE JAMBI, SAH PANTAU HARGA SEMBAKO DI PASAR TRADISIONAL

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Melonjaknya harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) terutama Bawang Putih dan lainnya mendapat perhatian dari Anggota DPR RI dari Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra (SAH).

Berbicara saat Kunjungan Aspirasi Masyarakat ke 4 tahun 2018 – 2019 di Jambi (10/5-2019) kemarin, SAH mengatakan fenomena kenaikan harga bulan puasa dan hari raya menjadi perhatian dari DPR, karena sangat bersentuhan dengan kepentingan masyarakat.

“Kita DPR reses ke daerah pemilihan salah satunya bertujuan untuk memantau harga-harga Sembako di pasar yang melonjak, maupun yang masih berharga normal, khususnya di pasar – pasar tradisional di Jambi.”

Lebih lanjut Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI tersebut menjelaskan reses merupakan bagian pengawasan DPR tentang gejolak harga dan saluran distribusi barangnya, pemasarannya, kemudian stok barangnya dari hulu sampai hilir.

“Melonjaknya harga beberapa kebutuhan masyarakat akan kami telusuri apa penyebabnya, apakah memang kurangnya pasokan barang sehingga harga melonjak, atau ada pedagang yang nakal melakukan penimbunan. Harus ditindak tegas oleh pihak yang berwenang dalam ini kepolisian,” imbuhnya.

Selain itu SAH juga meminta pemerintah untuk mengantisipasi melonjaknya harga barang di bulan Ramadhan dan jelang Hari Raya, dengan jalan melakukan operasi pasar dan pasar murah.

Dimana hal ini menurutnya untuk mengantisipasi hukum ekonomi, yang mengatakan meningkatnya permintaan pasar akan kebutuhan barang tertentu dan terbatas pasokan bisa jadi penyebab melonjaknya harga barang, operasi pasar ini untuk menetralisir permintaan dan kelangkaan barang yang memicu kenaikan harga.

“Harapan kami di DPR harga Sembako di Jambi bisa kembali normal seperti biasa, dan masyarakat bisa melaksanakan ibadah puasa dan hari raya dengan tenang tanpa dihantui oleh kenaikan harga,” tandasnya. (wyu/jul/dik)

Print Friendly, PDF & Email