Ribuan Mahasiswa Aceh Minta Gubernur Tolak Izin Tambang PT EMM

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Ribuan lebih mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Provinsi Aceh menggelar aksi demo, sejak Selasa (9/4-2019).

Reporter brandanews.co.id melaporkan, aksi demo dengan massa cukup besar yang dilakukan para mahasiswa Aceh, bertujuan agar Pemerintah Aceh menolak tambang emas PT Emas Mineral   Murni (EMM) di kawasan dua daerah kabupaten, yakni Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Tengah.

Aksi demo yang sempat ricuh pasca tidak bersediannya Gubernur Aceh menemua massa pendemo, selanjutnya aksi demo itupun kembali berlangsung, hari ini, Rabu (10/4-2019).

Kemudian, massa mahasiswa mengenakan jas almamater masing-masing berjalan kaki menuju Kantor Gubernur Aceh dengan yel-yel “Tolak, tolak, tolak, EMM”.

Sesampainya di gerbang utama Kantor Gubernur Aceh, massa mahasiswa tidak bisa masuk ke pekarangan karena sejumlah polisi dengan pelindung berjaga-jaga di pagar kantor.

Kendati tidak bisa masuk, massa bertahan di ruas jalan depan Kantor Gubernur Aceh. Di jalan tersebut, mahasiswa duduk bersila dan menggelar orasi serta mengucapkan selawat badar.

Sementara itu, ruas jalan depan Kantor Gubernur Aceh dari arah pusat kota menuju Kampus Darussalam, mulai dari Simpang Masjid Oman ditutup. Polisi mengalihkan lalu lintas ke arah Stadion Lampineung. (wyu/san/rim)

Print Friendly, PDF & Email