Romi Hariyanto, Inspiring Leader, Membangun Indonesia Melalui Kabupaten Tanjungjabung Timur

Bupati Tanjungjabung Timur Romi Hariyanto (kiri) memiliki sikap kesederhanaan yang tulus seperti yang diperlihatkannya terhadap reporter brandanews.co.id. poto/sid

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Mengemban amanah sebagai kepala daerah, Bupati Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi, Romi Hariyanto, punya keinginan yang kuat untuk menjadikan daerah yang dipimpinnya salah satu pilar pembangunan Indonesia.Romi Hariyanto, sosok seorang bupati yang jauh dari kehidupan glamour, bicaranya blakblakan, dan sanggup berkata jujur mengakui kelebihan orang lain, mau sekalipun itu terhadap bawahannya.

Sekarang, Romi Hariyanto yang merupakan alumnus Akademi Keuangan dan Perbankan (Akubank) Muhammadiyah Jambi tahun 1999 lalu, dengan sikap kesederhanaan itu sedang membuktikan kinerjanya mengangkat derajat daerah yang dipimpinnya, sejak Ia dilantik sebagai Bupati Tanjungjabung Timur bersama wakilnya Robby Nahliansyah, periode 2016 – 2021, Selasa 12 April 2016 lalu.

Dengan tangan dingin, penuh inspirasi, tidak mau korupsi, dan itu dibuktikannya selama tiga periode berturut – turut menjabat Ketua DPRD Kabupaten Tanjungjabung Timur, dalam usianya 30 tahun ketika itu, dengan visi dan misi yang terarah ‘MERAKYAT’ yang dimaksudkan Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat mulai diiplementasikannya secara nyata.Seperti contoh, pembangunan infrastruktur pedesaan dan kelurahaan berbasis pemberdayaan dan padat karya, pembangunan jalan penghubung desa – desa ke Ibukota Kecamatan, meningkatkan kualitas jalan penghubung dari kecamatan ke Ibukota Kabupaten, swakelola pembangunan pemeliharaan jalan dan jembatan oleh UPTD Dinas Pekerjaan Umum.

Dan tidak hanya itu, Romi Hariyanto juga memfokuskan pembangunan intermodal transportasi darat dan air, penyediaan fasilitas sarana air bersih/air minum berbasis masyarakat perdesaan, dan menyangkut persosalan air bersih itu sekarang sudah dapat dinikmati masyarakat.Pembangunan dan peningkatan saluran irigasi, fasilitasi sarana dan prasarana penunjang pelabunan, pembangunan dan fasilitasi sarana telekomunikasi, fasilitasi pembangunan jaringan listrik, peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan, peningkatan fasilitas pendidikan.

Bersama Komandan Kodim Tanjung Jabung, Kapolres dan Kejari Tanjungjabung Timur, tampak Bupati Romi Hariyanto berdialoq penuh keterbukaan tanpa ada sekat yang memisahkannya. Poto/sid

Wujud nyata pembangunan Kabupaten Tanjungjabung Timur yang dibuktikan secara bertahap – tahap namun pasti itu, tidak mengherankan kalau Romi Hariyanto diakui masyarakat yang dipimpinnya sebagai Inspiring Leader membangun Indonesia yang salah satu pilarnya Kabupaten Tanjungjabung Timur.Selanjutnya, paling menariknya lagi di era kepemimpinan Bupati Tanjungjabung Timur Romi Hariyanto, terdapat pilar utama pembangunan yang Ia fokuskan, seperti meretas ketertinggalan wilayah sampai ketingkat desa yang berbatasan dengan desa kabupaten lain, membangun pusat – pusat pertumbuhan ekonomi secara terpadu dan terintegrasi dalam mendukung daerah sebagai pintu gerbang perekonomian provinsi.

Selanjutnya, pembangunan di digelorakan Bupati Romi Haryanto, disisi lain mengoptimalkan penyediaan infrastruktur daerah yang berkualitas, meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan dasar dan peningkatan layanan dibidang kesehatan, pendidikan, agama dan budaya.Dan selanjutnya juga dianggap penting, meningkatkan daya saing daerah melalui pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Kesetaraan Gender dan penerapan IPTEK, menjadikan daerah ini sebagai tujuan investasi dan pariwisata yang berbasis kelestarian lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan serta membangun tata kelola pemerintahan yang efektif, efesien dan bersih, demokrasi dan terpercaya.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Tanjungjabung Timur, merupakan salah satu daerah di Provinsi Jambi dengan luas wilayah 5. 445 Kilometer bujursangkar, sedangkan populasinya tercatat 205. 272 jiwa tahun 2010 lalu, serta memiliki 11 kecamatan.Kabupaten Tanjungjabung Timur, memiliki potensi kekayaan alam, seperti perikanan, perkebunan, pertanian, dan pertambangan.

Soal periwisata, sebenarnya daerah ini memiliki potensi yang cukup besar hanya saja membutukan dukungan Pemerintah Pusat.Itulah sebabnya, ditengah begitu besarnya pengakuan masyarakat terhadap kepemimpinan Bupati Tanjungjabung Timur Romi Hariyanto, dan selanjutnya dianggap sebagai inspiring leader , tanpa adanya dukungan Pemertintah Pusat dalam hal ini capuir tangan Presiden Joko Widodo, pastinya akan sulit untuk membangun daerah ini termasuk di sektor wisata itu. (sal/pon/jul)

Print Friendly, PDF & Email