Rp 10 Miliar, APBN 2018 Disediakan Bangun Perlebaran Jalan Akses Candi Muara Jambi

Candi Muara Jambi merupakan destinasi wisata religi Umat Budha. Poto/ist

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Jalan akses Candi Muara Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, sepanjang 4 kilometer, tahun ini akan dibangun pelebaran badan jalan dari yang sebelumnya hanya 4 meter menjadi 6 meter. Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2018, sudah dialokasikan sebesar Rp 10 miliar.

“Sekarang sedang dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Muara Jambi, tidak saja menyangkut sosialisasi pembangunannya, tetapi juga menyangkut pembebasan lahan milik masyarakat yang terkena pelebaran jalan tersebut,” kata M Ichsan Amin kepada reporterbrandanews.co.id, Sabtu (10/3-2018).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I, Balai Pelaksana Jalan Nasional Wilayah IV, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU/PERA), M Ichsan Amin menjelaskan, pihaknya sekarang masih menunggu hasil sosialisasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muara Jambi, termasuk mengenai lahan masyarakat yang terkena pelebaran.

“Kalau nanti sudah ada hasil koordinasi itu barulahlah pembangunan pelebaran jalan akses Candi Muara Jambi dilaksanakan, dan sekarang anggarannya sudah tersedia sebesar Rp 10 miliar,” kata Ichsan.

Sementara itu, secara terpisah Anggota Komisi V DPR – RI HA Bakri mengatakan, jalan akses menuju destinasi wisata relegi Candi Muara Jambi cukup sempit sehingga membayakan pengguna jalan ke daerah itu. Apalagi, sudah ada beberapa kali kendaraan bus yang membawa wisatawan nyaris tabrakan saat berpapasan dengan kendaraan lain.

“Saya ada beberapa kali mendapat laporan itu, dan bahkan pernah ada kejadian bus wisatawan yang tergelincir akibat sempitnya bahu jalan tersebut,” terang politisi senior Partai Amanat Nasional (PAN) Jambi tersebut.

Menurut Bakri, pelebaran jalan akses Candi Muara Jambi memang harus segera dilaksanakan, terlebih lagi pada waktu – waktu tertentu objek wisata religi untuk Ummat Budha ramai dikunjungi, tidak saja wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara.

“Saya akan terus memperjuangkan supaya APBN dialokasikan secara bertahap untuk membiayai pelebaran jalan akses Candi Muaro Jambi, dan ini harus diwujudkan agar siapapun yang datang ke daerah itu tidak lagi terhambat karena akses jalannya yang tidak mendukung,” ujarnya. (sal/wan/pon)

Print Friendly, PDF & Email