SAH APRESIASI KEBERHASILAN UNJA RAIH CLUSTER UNGGUL KINERJA PENGABDIAN MASYARAKAT 2019

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Tokoh Pendidikan Jambi yang juga merupakan Anggota DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) menilai Perguruan Tinggi dituntut mampu mengembangkan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdas­kan kehidupan bangsa.

Dalam rangka mewujudkan tujuan itu salah kegiatan pengabdian kepada masyarakat menjadi bagian tak terpisahkan dari perguruan tinggi.

“Pengabdian masyarakat tak bisa dilepaskan dari dunia perguruan tinggi,” ungkap Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI di Jakarta (5/11) kemarin

Dalam konteks ini SAH menjelaskan kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu indikator penentu kualitas kinerja Perguruan Tinggi.

Selanjutnya, SAH menambahkan untuk melihat seberapa baik implementasi pemenuhan standar nasional pengabdian kepada masyarakat pada setiap Perguruan Tinggi, dilakukan pengukuran kinerja pengabdian kepada masyarakat.

Pengukuran itu sendiri menurutnya mencakup aspek-aspek,sumber daya, manajemen baik yang terkait proses, pelaksanaan maupun penilaian pengabdian kepada masyarakat, luaran yang dihasilkan, dan revenue yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam implementasi nya penilaian kinerja ini diawali dari verifikasi dan validasi data sumberdaya manusia, manajemen serta revenue generating untuk menghasilkan skor kinerja yang akan menentukan klaster perguruan tinggi. Klaster tersebut meliputi kategori unggul, sangat bagus, memuaskan dan kurang memuaskan.

Tahun 2019 Universitas Jambi berhasil menduduki Peringkat Ke tujuh belas Klaster Unggul. Capain itu tertuang dalam Surat Keputusan Dirjen Penguatan Risbang, Nomor B/990/E3.3/RA.03/2019 tanggal 5 November 2019 tentang Pemeringkatan Perguruan Tinggi berbasis Kinerja Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM).

SAH menilai pretasi ini tidak lepas dari upaya dan kerja keras Rektor Universitas Jambi Prof. H. Johni Najwan, SH, MH, Ph.D., UNJA yang bisa meningkatkan kinerja dalam bidang pengabdian masyarakat.

Bahkan Anggota Fraksi Partai Gerindra ini menambahkan bahwa dari sisi manajemen Prof. Johni Najwan berhasil melakukan koordinasi pengelolaan LPPM melalui one gate policy dengan screening awal, monitoring evaluasi, dan laporan hasil selalu melibatkan penjaminan mutu.

Saya lihat Rektor Johni Najwan bisa mendorong LPPM UNJA mengoptimalkan kinerja khususnya dalam bekerja sama lembaga dengan institusi lain. Untuk PPM mahasiswa lewat KKN disesuaikan dengam isu aktual Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah kabupaten/kota, misalnya isu tentang pendidikan, kewirausahaan, desa wisata dan sebagainya, tandasnya.(wyu/dik/wal)

Print Friendly, PDF & Email