SAH DUKUNG TERUS PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF, KARENA BISA BANTU EKONOMI DAERAH

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Indonesia perlu terus mendorong pengembangan ekonomi kreatif secara lebih masif berorientasi ekspor. Sebab kemajuan ekonomi kreatif ini akan berdampak pada ‎ekonomi di sekitarnya, termasuk pada sektor pariwisata.

Pernyataan ini disampaikan Sutan Adil Hendra (SAH) Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI di Jakarta (14/10-2019) kemarin.

Menurutnya kemajuan sebuah sektor ekonomi kreatif, bukan hanya berdampak pada pelaku usaha tapi juga pada lingkungan sekitarnya. Ekonomi kreatif yang maju, akan menjadikan sebuah kota atau daerah berkembang menjadi sumber destinasi pariwisata.

“Berbagai inovasi dan kreativitas yang dihasilkan para pelaku ekonomi kreatif memerlukan wadah untuk mengekspresikan karyanya,” ujarnya.

Bahkan Anggota DPR yang sukses membawa ratusan program ekonomi kreatif ke Provinsi Jambi ini mengungkapkan, dalam rangka mengoptimalkan potensi ekraf pihaknya telah melakukan berbagai upaya, salah satunya melalui program e-Smart‎. Program ini menjadi virtual sentra kreatif, mediator usahawan dengan e-commerce dan menjadikan branding ekraf yang dintegrasikan dengan marketplace dan e-commerce yang ada.

“Ide dasar e-Smart berasal dari keprihatinan akan maraknya produk-produk impor yang beredar, baik di marketplace maupun e-commerce,” harapnya.

Selain itu, juga mendorong pengembangan ekraf melalui program restrukturisasi modal dan sarana prasarana. Program ini memberikan bantuan pelaku Ekraf fasilitasi untuk mendapatkan akses permodalan ke perbankan, karena dalam satu dasawarsa ke depan SAH berkeyakinan ekonomi kreatif akan menjadi pilar ekonomi nasional, tentu kita harus mempersiapkan secara baik sesuai dengan trend ekonomi global, tandasnya.(yul/dan/wyu)

Print Friendly, PDF & Email