SAH : DUNIA PENDIDIKAN DAN INOVASI BISNIS HARUS SEJALAN

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Pimpinan Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan Sutan Adil Hendra (SAH) mengatakan bahwa bisnis dan dunia pendidikan harus sejalan dalam melahirkan inovasi – inovasi terbaru yang bisa menunjang perekonomian.

“Pendidikan dan bisnis tidak terlepas dari arus globalisasi, semua kebutuhan konsumen dengan masuknya produk-produk inovasi dari luar Indonesia. Namun di sisi lain, melahirkan tantangan bagi produk-produk kita untuk bisa bersaing dengan produk-produk luar negeri,” imbuhnya.

Berbicara di Jakarta (9/8-2019) Anggota DPR yang dikenal konsen terhadap masalah pendidikan itu mengatakan bahwa Industri 4.0 memiliki ciri khas yang agak berbeda. Perubahan dalam industri 4.0 merupakan perubahan di dalam perubahan, istilahnya adalah continuous change within the big change.

Selanjutnya SAH menjelaskan bentuk nyata dari ini kita mengenal mengenai artificial intelligence (kecerdasan buatan). Artificial Intelligence  (AI) adalah kecerdasan yang tidak dilakukan melalui otak manusia tetapi menyerupai kemampuan otak manusia.

Sehingga inovasi menjadi kata kuncinya dalam penguasaan ekonomi dan teknologi yang bisa dilakukan dunia pendidikan, seperti Transformation Enabler yang memiliki prioritas fokus pada millenial proffession. Core competence yang memiliki proritas fokus pada Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) Discipline. Dan Supporting Environment yang memiliki prioritas fokus pada Financial Technology.

Dalam konteks ini SAH berharap, dunia pendidikan juga turut berpartisipasi dalam melahirkan inovasi bisnis yang kompetitif.

“Saya percaya bahwa kemajuan bangsa  tidak mungkin bisa dicapai apabila akademisinya, dunia pendidikan tingginya, tidak ikut mendukung melalui kurikulum pendidikan yang mendukung inovasi,” pungkasnya. (wyu/dik/jul)

Print Friendly, PDF & Email