SAH : GURU ADALAH KUNCI PERBAIKAN KUALITAS SDM

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) menegaskan, guru merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Menurutnya proses menyiapkan SDM unggul dalam konteks dunia pendidikan, baik sekolah umum maupun madrasah, tentu tak lepas dari peran guru.

“Tidak bisa tidak, yang pertama-tama harus dibenahi adalah kualitas para gurunya,” ungkap Anggota Fraksi Partai Gerindra tersebut dalam Evaluasi Publik Kinerja Pendidikan Dasar dan Menengah di Jakarta (20/8-2019) kemarin.

Pernyataan Anggota Fraksi Partai Gerindra ini menanggapi pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebelumnya, yang menyampaikan program pendidikan penting dalam rangka meningkatkan kualitas SDM.

Karena dengan adanya perbaikan di sektor pendidikan, SDM Indonesia diharapkan unggul baik secara kompetitif maupun komparatif ketika disandingkan dengan SDM negara lain.

Indonesia, Menurut SAH, akan berada di puncak periode bonus demografi antara tahun 2020 hingga 2024. Bangsa Indonesia bakal mampu menghadapinya jika serius meningkatkan kualitas SDM.

“Jika kita lebih fokus mengembangkan kualitas SDM dan menggunakan cara-cara baru maka saya yakin bonus demografi menjadi bonus lompatan kemajuan,” jelasnya.

Sehingga mewujudkan ini lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan perlu melakukan pembenahan secara besar-besaran agar mampu menghadapi perubahan.

Pasalnya, SDM berkualitas unggul dibutuhkan dalam menghadapi persaingan dunia yang semakin ketat dan disrupsi di berbagai bidang.

Jawaban atas tantangan atas kondisi itu SAH mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) perlu menggalakan program pembenahan guru sebagai fasilitator pendidikan bangsa.(wyu/jul/wal)

Print Friendly, PDF & Email