SAH INGATKAN KONSEKUENSI IDEOLOGI NILAI KETUHANAN YANG DIBAWA REKTOR ASING KE DUNIA KAMPUS TANAH AIR

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) mengatakan bahwa Komisi X DPR RI akan mendukung Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) terutama untuk terus menjalankan program-program yang bersifat membangun sumber daya manusia (SDM).

Pernyataan ini disampaikannya dalam Raker dengan kemenristekdikti (3/9-2019) di Senayan Jakarta kemarin.

Dalam kaitan ini Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini kembali mempertanyakan rencana Menristekdikti untuk mendatangkan Rektor Asing di PTN dan PTS yang ada di Indonesia.

“Secara normatif Komisi X DPR sangat mendukung langkah pak Menteri untuk membangun SDM di Indonesia, namun secara substantif kami juga melihat rencana untuk mengimpor Rektor Asing  bukanlah terobosan dalam meningkatkan mutu PTN dan PTS di tanah air,” ungkapnya.

Menurutnya pemerintah harus hati – hati dalam merekrut Rektor Asing karena ada tantangan ideologi yang harus dihadapi oleh dunia pendidikan kita.

Tantangan ideologi yang di maksud adalah kemungkinan adanya figur rektor asing yang bertentangan dengan nilai ketuhanan yang dianut sebagai falsafah Bangsa Indonesia.

“Saya mengingatkan Menristekdikti akan adanya konsekuensi ideologi dan ketuhanan pada rencana impor Rektor Asing yang dilakukan pemerintah.”

Karena menurutnya jangan sampai pendidikan tinggi kita kehilangan ideologi dan jati diri karena pengangkatan Rektor Asing, karena walau bagaimanapun ada perubahan nilai yang akan mereka bawa ke dalam sistem pendidikan tanah air kita, pungkasnya.(wyu/dik/wal)

Print Friendly, PDF & Email