SAH INGIN MILLENIAL MENJADI TULANG PUNGGUNG INDUSTRI PARIWISATA 4.0

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata sudah saatnya memberi fokus dalam mengembangkan pariwisata atau tourism 4.0 untuk menarik wisatawan millenial.

Pernyataan ini disampaikan Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) dalam acara Bimbingan Teknis Pengembangan Pariwisata Era 4.0 dengan tema Peran Publikasi Digital pada Era Milenial di Hotel Aston Jambi (27/8-2019) kemarin.

Pada kesempatan itu SAH memaparkan pandangannya terhadap era digitalisasi milenial pada sektor pariwisata tanah air. Dimana menurutnya jumlah wisatawan millenial diprediksi mencapai 50% dari keseluruhan turis inbound ke Indonesia, dan ini diproyeksi akan mengalami pertumbuhan berlipat.

“Sebagai perbandingan, Malaysia dalam program Tourism 4.0 menargetkan pertumbuhan 4 kali lipat pada 2030, sedangkan Spanyol menjadi negara yang paling berhasil dalam tourism 4.0,” ungkap SAH dihadapan ratusan pelaku wisata Provinsi Jambi.

Pada acara Bimtek tersebut Anggota Fraksi Partai Gerindra ini mengatakan, wisatawan millenial punya ciri khas perilaku yang cenderung lebih mandiri dan individual. Ia mencontohkan, wisatawan Tiongkok yang dahulu dikenal karena kerap bepergian secara berkelompok, sekarang lebih banyak yang menjadi individual.

Sehingga menurut pengamatannya, di antara negara yang paling sukses mengembangkan tourism 4.0 adalah Spanyol. “Spanyol telah menerapkan pariwisata 4.0 di beberapa destinasi utamanya dengan membangun ekosistem digital mulai dari inspiration, kedatangan, obyek wisata, hingga post-trip,” jelasnya.

Menyikapi peluang ini SAH mengharapkan Kementerian Pariwisata bisa mempersiapkan transformasi menuju Tourism 4.0. Salah satunya dengan membawa sektor pariwisata go digital.

Suka atau tidak suka, sudah terjadi perubahan perilaku pasar. Semua telah bergeser ke arah digital dan saat ini industri dunia telah bergeser ke arah industri digital era 4.0, dan millenial menjadi tulang punggungnya, pungkasnya.(wyu/zul/dik)

Print Friendly, PDF & Email