SAH JADI PEMBICARA KUNCI DI SOSIALISASI HKI BADAN EKONOMI KREATIF

Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) Sabtu,( 23/3-2019) kemarin, menjadi pembicara kunci (Keynote Speaker) Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi pelaku usaha kreatif Provinsi Jambi.

Dalam seminar yang dilaksanakan di Hotel Aston Jambi tersebut SAH yang menjabat Pimpinan Komisi X DPR RI itu mengatakan HKI menjadi sesuatu hal yang sangat penting dalam membangun brand suatu produk kreatif.

“HKI membentuk sekaligus melindungi hasil karya baik merk (brand), desain, teknologi ataupun sistem dari suatu produk kreatif, dengan paten yang nilai ekonomis suatu produk dapat ditingkatkan secara optimal,” jelasnya.

Namun dalam pandangan Pimpinan Komisi yang membidangi Ekonomi Kreatif itu HKI belum begitu dipahami oleh pelaku ekonomi kreatif di tanah air termasuk Provinsi Jambi.

Akibatnya banyak produk kreatif yang sebenarnya berpotensi untuk berkembang justru jalan di tempat, bahkan ketika produknya di tiru orang lain mereka juga tak bisa berbuat apa – apa, karena memang tidak ada paten yang melindungi kekayaan intelektual mereka.

Tanpa paten atas buah pikiran atau kreasi produk yang kita miliki atau yang kita kembangkan selama ini, susah kita bersaing dan berkembang, jelas SAH di hadapan ratusan pelaku usaha kreatif di Jambi.

Acara sosialisasi ini ini menghadirkan beberapa pembicara seperti oleh Ari Juliano Gema (Deputi Fasilitasi HKI dan Regulasi Bekraf RI), Drs. Ariansyah, ME (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi) dan beberapa pembicara yang berkompeten lainnya.

Peserta sendiri merasa terbantu akan program Bekraf tersebut, seperti Andri Yenny pengusaha yang menekuni usaha kuliner mengaku sangat senang akan acara ini, karena meningkatkan pengetahuan akan paten usaha dan pentingnya kekayaan intelektual produk yang mereka ciptakan.

“Selama ini kita tidak begitu paham akan kekayaan intelektual, namun hari ini wawasan kita bertambah, Bekraf memang penuh inovasi,” jelasnya. (wahyu/jul/dik)

Print Friendly, PDF & Email