SAH MINTA GENERASI MILLENIAL UBAH MINDSET KE EKONOMI

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Tantangan generasi millenial saat ini harus dijawab secara fundamental dengan merubah pola pikir (mindset) lama mereka yang masih dominan berkutat di ranah politik saja ketimbang ranah ekonomi.

Pernyataan ini disampaikan Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) ketika menghadiri diskusi bersama generasi millenial Jambi (6/8-2019) kemarin di Swiss Bellhotel.

Karena menurutnya di masa yang akan datang perkembangan kemakmuran sebuah bangsa akan ditentukan denggan perkembangan ekonomi.

Tantangannya adalah merubah mindset lama yang menyebutkan kegiatan ekonomi itu nggak cocok untuk generasi muda, sudah tidak tepat lagi, karena sekarang usia muda harus produktif dan mandiri secara ekonomi, jelasnya.

“Dunia digital sekarang membuka zaman baru yang dikenal revolusi 4.0, dimana era ini mengisyaratkan keterlibatan generasi muda sebagai tulang punggung ekonomi yang berbasis internet sebagai media dalam bisnis, baik itu industri kreatif digital maupun bentuk bisnis lainnya.”

“Saat ini generasi millenial harus menjadikan pendidikan dan ekonomi sebagai aktivitas utama, jangan berfikir lagi pendidikan dulu baru ekonomi, tapi zaman sudah meminta ini dilakukan berbarengan, maka keputusan terjun ke ekonomi harus jadi the way of life (jalan hidup) di kalangan millenial,” tambahnya.

Oleh karena hal tersebut dirinya kerap berbicara pada anak muda mulailah berfikir ekonomi, dimana biasanya mereka tertarik bidang politik, sekarang mulai beralih ke bidang ekonomi. Yang penting tekun, sabar dan ulet.

Saat ini dunia bekerja dalam bentuk jejaring, bisnis kreatif memiliki jaringan hingga level internasional. Sehingga tak sulit bagi millenial untuk melakukan gerakan ekonomi.

Untuk mendorong millenial Indonesia maju di bidang ekonomi. “Kita harus fokus pada empat sektor SDA dan SDM yakni agrobisnis, bisnis maritim, bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif.”

Tugas kita menciptakan nilai tambah atas komoditas utama dengan inovasi dan kreativitas anak muda, pungkasnya.(wyu/san/wal)

Print Friendly, PDF & Email