SAH MINTA KONI KAWAL PEMBINAAN OLAHRAGA PRIORITAS

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Komisi X DPR RI yang membidangi olahraga meminta KONI menjalankan skala prioritas dalam memajukan olahraga di tanah air. Pernyataan ini salah satunya disampaikan Pimpinan Komisi X DPR RI yang membidangi olahraga Sutan Adil Hendra (SAH).

Berbicara di Senayan dalam rapat evaluasi serapan anggaran (24/6-2019) lalu, Kemenpora beberapa waktu lalu, pria yang kerap di sapa SAH itu mengatakan KONI harus bekerja dengan efisien dan efektif, jelas dan terukur program kerja yang akan dijalankan, cabor mana yang bisa prioritas prestasi, ungkapnya.

Demi mewujudkan ini SAH meminta KONI tidak mengakomodasi kepentingan kelompok ataupun pribadi, tanpa orientasi kerja, dan prestasi, ungkapnya.

“DPR akan berikan dukungan dana ataupun fasilitas berapa pun, asal mereka yang mengajukan itu benar-benar tahu apa yang menjadi tujuan dari program kerjanya,” lanjutnya.

Kepada para pembina olahraga seperti KONI, pentolan komisi olahraga ini meminta bisa mengawal pembinaan cabang prioritas yang telah ditetapkan, jangan keluar dari sasaran dan prioritas, karena nanti tidak ada yang jadi, semunya serba tanggung.

“Desain pembinaan olahraga dunia itu memang mengacu pada prioritas, seperti Jamaika fokus pada atletik hasilnya banyak medali olimpiade bisa mereka hasilkan, kita juga harus belajar dari ini, karena culture olahraga kita belum begitu bagus untuk suskes di banyak cabor,” ungkapnya.

Selanjutnya SAH juga mengatakan KONI harus berani melakukan terobosan dalam pembinaan, harus ada rencana kerja mau kemana prestasi olahraga, jangan terlalu sibuk pada kegiatan seremonial, lalu pembinaan prestasi ditinggalkan pada pengurus cabor, ya pasti tidak kuat, dan yang tanggung jawab dengan hasilnya siapa, imbuhnya.

Ketegasan ini menurutnya diperlukan agar ada prestasi yang menunjukkan posisi dan daya saing kita di antara negara-negara dunia, tandasnya.(wyu/din/san)

Print Friendly, PDF & Email