SAH NILAI REKOMENDASI GUBERNUR TERHADAP CALON REKTOR UNJA SESUATU YANG WAJAR DAN BERALASAN

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Polemik surat rekomendasi Gubernur Jambi Fachrori Umar terhadap Calon Rektor Universitas Jambi (UNJA) Johni Najwan dinilai Pimpinan Komisi X DPR RI bidang pendidikan Sutan Adil Hendra (SAH) sebagai sesuatu wajar dan beralasan.

Dinilai wajar karena sudah selayaknya selaku kepala daerah memberikan rekomendasi calon Rektor di wilayahnya, karena maju mundurnya suatu universitas juga terkait dengan kemajuan suatu daerah, apalagi Unja merupakan satu – satunya Perguruan Tinggi Negeri di bawah Menristekdikti yang di Jambi, sehingga ada kepentingan Pemda disana dalam rangka mengembangkan SDM daerah.

“Saya pikir sesuatu yang wajar dan cukup beralasan jika seorang Gubernur memberikan Rekomendasi terhadap salah seorang calon Rektor universitas negeri di wilayahnya, karena antara Gubernur dan Universitas memiliki tujuan yang sama dalam memajukan SDM daerah,” ungkap SAH ketika dikonfirmasi wartawan pada saat menghadiri pelantikan Anggota DPRD Provinsi Jambi (9/9) kemarin.

Apalagi dalam kaitan kewenangan Menristekdikti sebagai pemilik 35 suara penentu yang mewakili pemerintah pusat, Tentunya memerlukan rekomendasi yang diberikan sebagai masukan, pertimbangan dan informasi, toh kewenangannya tetap pada Menteri, jelasnya.

Selanjutnya Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI ini menilai capaian UNJA dibawah kepemimpinan Rektor Prof. Johni Najwan bisa dinilai sebagai salah satu capaian program Jambi tuntas yang menjadi misi dari Pak Gubernur.

Apalagi SAH dalam kapasitasnya sebagai Pimpinan Komisi yang membidangi pendidikan tinggi menjadi saksi bagaimana, Pak Gubernur Fachrori dan Rektor Johni mampu membina hubungan antara pemerintah provinsi Jambi dengan Universitas Jambi, tentu sinergitas ini yang ingin dilanjutkan oleh pak Gubernur.

SAH juga pada kesempatan itu menambahkan surat itu tidak perlu diperdebatkan apalagi dipersoalkan, karena semua pihak juga bisa memberikan rekomendasi pada calon Rektor.

Pada pemberitaan sebelumnya karo Humas dan Protokoler Provinsi Jambi Johansyah membenarkan soal surat rekomendasi tersebut.”Benar, intinya siapapun kandidat yang meminta dukungan akan diberikan oleh Pak Gubernur.”

“Pada intinya Pak Gubernur sangat mendukung siapa pun itu yang ingin menjadi Rektor, karena mereka adalah putra putra terbaik Provinsi Jambi,” tandasnya. (wyu/jul/wal)

Print Friendly, PDF & Email