SAH : TINGKAT PENDIDIKAN MEMBUKA KESADARAN MASYARAKAT TENTANG KESEHATAN

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Makin bagus tingkat pendidikan, makin berpengaruh pada kesadaran masyarakat pada kesehatan.

Pernyataan disampaikan Anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Sutan Adil Hendra (SAH) ketika berbicara dalam Seminar Pendidikan Untuk Kesehatan Bangsa di Jakarta (26/10-2019) kemarin.

“Saya rasa semua orang tahu dan tidak membantah bahwa kualitas pendidikan itu membangun kesadaran masyarakat tentang kesehatan,” ungkapnya.

Karena menurutnya pendidikan seseorang merupakan salah satu proses perubahan tingkah laku, semakin tinggi pendidikan seseorang maka dalam memilih tempat-tempat pelayanan kesehatan semakin diperhitungkan.

Bahkan hasil kesimpulan penelitian WHO di seluruh dunia menyimpulkan merupakan suatu faktor yang mempengaruhi perilaku seseorang dan pendidikan dapat mendewasakan seseorang serta berperilaku baik, sehingga dapat memilih dan membuat keputusan dengan lebih tepat.

“Hasil publikasi WHO mengatakan pendidikan mempengaruhi proses belajar, makin tinggi pendidikan seseorang maka makin mudah orang tersebut menerima informasi. Dengan pendidikan tinggi maka seseorang akan cenderung untuk mendapat informasi baik dari orang lain maupun dari media massa. Semakin banyak informasi yang masuk makin banyak pula pengetahuan yang didapat, juga termasuk pengetahuan tentang kesehatan.”

Sehingga menurut pria yang sukses memperjuangkan Akreditasi Prodi Kedokteran Universitas Jambi itu dapat disimpulkan makin tinggi tingkat pendidikan atau pengetahuan seseorang maka semakin membutuhkan pusat-pusat pelayanan kesehatan sebagai tempat berobat bagi dirinya dan keluarganya.

“Dengan berpendidikan tinggi, maka wawasan pengatehuan semakin bertambah dan semakin menyadari bahwa begitu penting kesehatan bagi kehidupan sehingga termotivasi untuk melakukan kunjungan ke pusat-pusat pelayanan kesehatan yang lebih baik, sehingga jika ingin membangun kesehatan harus dimulai dari dunia pendidikan,” tandasnya. (wyu/yan/dik)

Print Friendly, PDF & Email