SAH USULKAN MATERI PENDIDIKAN KELUARGA DIAJARKAN DI SEKOLAH

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) mengusulkan kepada BKKBN Pusat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk memasukkan materi pendidikan tentang keluarga di SMA dan Perguruan Tinggi. Agar, generasi muda memiliki pengetahuan dan wawasan tentang keluarga, ketahanan keluarga dan masa depan keluarga.

Pernyataan ini disampaikan SAH menanggapi Workshop Tentang Peranan Keluarga dalam Pendidikan Karakter di Indonesia. Berbicara di Jakarta (18/7-2019) Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR tersebut setuju dengan pemahaman bahwa wawasan tentang keluarga pada diri siswa membuat karakter mereka akan lebih mudah dibentuk oleh guru yang ada disekolah.

“Selama ini pendidikan tentang keluarga hanya diperoleh dari orangtua dan lingkungan dan ini harus kita tingkatkan lagi melalui pendidikan formal. Agar ketahanan keluarga benar-benar bisa kita wujudkan dan hal ini sangat penting kita usulkan ke pemerintah pusat untuk memperbaiki kualitas bangsa ke depan,” ungkapnya.

Dalam hal ini SAH mengatakan waktu keluarga yang menjadi “golden time” bagi pendidikan, dimana mulai jam enam sore hingga jam 9 malam anggota keluarga bisa berkumpul bersama, saling bercerita, ibadah bersama, makan bersama, dan aktivitas keluarga lainnya.

“Begitu juga dengan program ketahanan dan pembangunan keluarga lainnya, seperti Kampung KB, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, menjadi penting untuk diajarkan di pendidikan formal sebagai bekal mereka dalam kehidupan,” ungkapnya.

“Selama ini pendidikan tentang keluarga hanya diperoleh dari orangtua dan lingkungan.”

Sehingga untuk mewujudkan ini Anggota DPR dari Provinsi Jambi menilai kerjasama lintas sektoral pada semua stakeholder perlu ditingkatkan.

“Ketahanan keluarga menjadi suatu materi pembelajaran perlu kerjasama lintas sektoral, agar ada pemahaman yang sama dan menghilang ego sektoral, karena pendidikan keluarga ini menjadi sesuatu pondasi yang membentuk karakter bangsa,” tandasnya. (wyu/wan/dik)

Print Friendly, PDF & Email