SAH YAKIN DALAM 3 TAHUN SISTEM ZONASI AKAN MERANGSANG PEMERATAAN MUTU PENDIDIKAN

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) menilai sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) merupakan sesuatu yang baik karena bisa mengejar pemerataan kualitas pendidikan.

“Sepanjang ada kesamaan kualitas sekolah, maka zonasi tidak ada masalah. Sehingga ini pekerjaan rumah bagi kita untuk melakukan berbagai upaya mengejar ketertinggalan kualitas antar sekolah dan daerah,” ungkapnya di Jakarta (25/9-2019) kemarin.

Sehingga dalam hal ini SAH berharap Zonasi baik dalam hal penerimaan peserta didik maupun sebaran guru tidak banyak menimbulkan kegaduhan serta kebingungan banyak orang.

Bahkan Anggota Fraksi Partai Gerindra ini berkeyakinan nasib guru jauh lebih baik dengan sistem zonasi, karena secara profesi, pemerintah sudah banyak membuka peluang. Kesempatan meningkatkan potensi diri lewat sertifikasi maupun jalur kompetensi lainnnya. Juga dari sisi ekonomi, memang jauh lebih baik. Meskipun tidak semuanya berjalan mulus.

Ini juga masalah pemerataan. Tidak hanya bagi para murid untuk menempatkan pendidikan yang baik, tetapi juga pemerataan bagi para guru untuk mendapatkan kesempatan berbuat secara lebih baik, pungkasnya.(wyu/dik/lam)

Print Friendly, PDF & Email