Selamat Bertugas Kajati Jambi

Andi Nurwinah SH, MH, jaksa karier perempuan pertama memimpin lembaga penegak hukuk Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi. Ia, bertukar posisi jabatan dengan Kajati Jambi sebelumnya Jhon W Purba yang sekarang menduduki jabatan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Dalam perjalanan kariernya, Andi Nurwinah yang merupakan perempuan berdarah Bugis dari keturunan bangsawan itu, sempat menduduki jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara (Sultra). Sebagai seorang jaksa kariernya terus melejit, dan itu dibuktikan tidak sedikit kasus-kasus pelanggaran hukum, terutama kasus-kasus korupsi berhasil disikatnya dengan tuntutan hukuman berat.

Sekarang Andi Nurwinah, kembali mendapatkan kepercayaan memimpin Kejati Jambi. Lantas, Ia pun kembali dihadapkan dengan tugas beratnya sebagai seorang jaksa. Tidak sedikit kasus – kasus korupsi sedang menunggu sikap tegasnya itu. Selain kasus korupsi proyek air bersih di Kabupaten Tanjungjabung Barat, kasus korupsi dana Bimbingan Teknis (Bimtek) DPRD Kota Jambi, hingga sejumlah kasus korupsi lainnya yang belum terbongkar tetapi aroma korupsi itu sudah menebar kemana-mana.

Dan belum lagi, tidak sedikit kasus pungutan liar yang merebak, seperti terhadap pungutan fee proyek di lembaga pemerintah daerah maupun dilembaga pemerintah pusat. Kondisinya, tentunya juga menjadi tantangan berat baginya dalam memberantas kejahatan yang merugikan uang rakyat.

Masyarakat Jambi, pastinya menaruh harapan besar terhadap lembaga hukum Kejati Jambi yang sekarang dijabat Andi Nurwinah. Sosok jaksa perempuan yang baru kali pertama memimpin di lembaga hukum tersebut, ternyata juga tidak sedikit apresiasi diberikan para penggiat anti korupsi di daerah ini untuknya.

Selamat bertugas Kajati Jambi Andi Nurwinah, sikat habis korupsi di negeri Jambi, termasuk kasus korupsi proyek pembangunan Pasar Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi, karena hingga saat ini kasus itu sepertinya mangkrak padahal sudah ada seorang yang ditetapkan sebagai tersangka. (***)

Noer Faisal / Pemimpin Redaksi

Print Friendly, PDF & Email