SEMINAR PENDIDIKAN KARAKTER, SAH INGATKAN PERAN GURU UNTUK MEMBIMBING ANAK DI SEKOLAH

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Pimpinan Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan Sutan Adil Hendra (SAH) mengharapkan guru dapat mengambil peran orang tua kedua bagi anak dan mempunyai tanggung jawab untuk memberi bimbingan atau bantuan kepada para muridnya sebagai bekal mereka ketika dewasa.

“Meski klise, saya ingatkan peran yang harus dimainkan para guru selaku orang tua ke-dua di sekolah untuk para muridnya, khususnya dalam hal membimbing dan memberi bantuan sebagai bekal anak – anak dewasa,” ungkapnya.

Pernyataan ini disampaikan SAH pada seminar revitalisasi peran guru di sekolah dalam pengembangan pendidikan karakter di Jakarta (19/9-2019).

Menurutnya pendidikan karakter itu tidak hanya menggunakan angka saja, tetapi nilai-nilai dalam bentuk narasi, dan kita selalu memaksakan tanpa menanamkan prilaku yg baik dalam pembelajaran. Makanya akan muncul kecurangan kecurangan, misalnya dalam ujian anak akan mencontek.

Seminar ini sendiri bertujuan agar para guru semakin paham apa saja tindakan para guru yang dilindungi dan apa saja yang tidak dilindungi.

“Tujuannya agar guru yang ada bisa mengetahui apa hak dan kewajibannya dalam mendidik anak di sekolah,” pungkasnya.(wyu/jul/wan)

Print Friendly, PDF & Email